Skip to main content

Sukses Menjual dengan 4P




Kami meyakini, kuantitas dan kualitas marketer adalah kunci utama percepatan penetrasi broadband. Kenapa? Karena operator tidak mungkin membangun jaringan fixed broadband yang menjangkau seluruh coverage seperti halnya seluler. Operator pasti akan memilih coverage yang layak secara bisnis dan memberikan keuntungan yang optimum. Artinya, coverage fixed broadband akan selalu terbatas, dan itu artinya, push channel, seperti marketer, akan selalu menjadi channel terkuat.

Berangkat dari keyakinan tersebut, untuk mempercepat penetrasi fixed broadband, kami melakukan rekrut marketer dalam jumlah masif. Pagi ini, puluhan calon marketer masuk kelas training perdana, sebelum mereka diterjunkan ke lapangan.

Saya mendapat kesempatan pertama untuk memberi bekal kepada mereka, bagaimana mencapai sukses menjual fixed broadband. Saya sampaikan 4 hal penting yang perlu mereka bangun untuk menggapai sukses menjual. Agar mudah mengingat, saya sebut saja 4P: Pribadi, Passion, Produk, Pertemanan. Berikut penjelasannya.


1. Visi Pribadi
Hasil gambar untuk personal balanced scorecard

Seorang marketer harus punya visi, target, sasaran, dan apa pun itu namanya. Tanpa visi yang jelas dan menantang, marketer tidak akan memiliki motivasi dan semangat kuat dalam tugasnya.

Bagaimana menyatakan visi pribadi? Banyak buku rujukan yang bisa dipergunakan. Salah satunya adalah buku Personal Balanced Scorecard, karya Dr. Hubert K. Rampersad. Buku ini menjelaskan, bagaimana cara mengungkapkan visi atau target personal kita, dari berbagai bidang. Contoh: target dalam bidang keuangan, dalam bidang pembelajaran, karir, pribadi atau keluarga, dan seterusnya.


2. Passion dan Spirit

Spirit dan passion menjadi bensin bagi seorang marketer. Marketer harus mempunyai tabungan motivasi yang lebih besar dibanding profesi lainnya. Tanpa spirit dan passion, marketer akan berhenti dan menyerah di tengah jalan. Seandainya pun tidak menyerah, dia tidak akan pernah sukses sebagai marketer. Jika Anda seorang marketer dan tidak memiliki passion terhadapnya, lebih baik Anda mundur dan menjadi profesi yang lebih sesuai.


3. Pemahaman Produk dan Industri

Pemahaman terhadap produk adalah mandatori. Sulit dibayangkan, seorang marketer tidak paham terhadap produk apa yang dijual. Semakin dalam dia memahami produknya, pasti akan semakin mudah memikat pelanggan.

Lebih khusus sebagai marketer fixed broadband, pemahaman produk saja tidak cukup. Karena industri ini begitu luas cakupan dan kaitannya dengan sub-industri serupa. Juga, karena industri ini berkembang sangat cepat dan sangat diminati masyarakat.

Fixed broadband tidak bisa dilepaskan dari internet, tidak bisa dipisahkan dari seluler, tidak bisa diisolasi dari Internet of Things (IoT), tidak bisa dijauhkan dari smart-living dan seterusnya. Karena itulah, marketer tidak bisa hanya paham terhadap produk fixed  broadband-nya, namun harus paham dengan industri yang terkait.

Semakin dalam pemahamannya terhadap indsutri ini, semakin mudah marketer berbicara dengan pelanggan dan menarik minat mereka. Tentu, terutama pelanggan yang memiliki minat dan pemahaman dalam terhadap industri telekomunikasi.


4. Pertemanan

Sering disebut Networking, tapi saya menyebutnya Pertemanan, agar lebih mudah dipahami. Seperti disebut di atas, coverage fixed broadband selalu terbatasi hanya di wilayah yang relatif layak secara bisnis.

Promosi yang tidak fokus pasti akan berbiaya mahal, dan beresiko mendatangkan pelanggan yang tidak bisa dilayani karena di luar coverage jaringan. Karenanya, teknik sederhana penjualan fixed broadband adalah menghadirkan produk dan marketer di lokasi yang bisa dilayani. Jika coverage sangat banyak dan tersebar, pasti akan menyulitkan dan memerlukan banyak marketer.

Maka cara efektif adalah mempunyai teman atau downline di wilayah yang bisa dilayani. Downline tidak harus bersifat aktif, bisa bersifat pasif. Karena perannya hanya sekedar memberikan informasi singkat tentang produk kita dan jika ada prospek yang positif, marketer bisa langsung mendatangi dan memberi penjelasan yang lebih lengkap. Di suatu komplek perumahan yang mempunyai security, maka pasukan security bisa menjadi downline. Bisa jadi pegawai developer, tenaga kebersihan dan seterusnya. Atau bisa juga teman kita sendiri yang tinggal di kawasan tersebut.

Demikian tips sukses menjual fixed broadband dengan 4P. Semoga bermanfaat. Aamiin.

Comments

Popular posts from this blog

Ayat-Ayat Al-Quran Tentang TAKDIR

***57:22***   22. Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. ***6:59***   59. Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)" ***3:154***   154. Kemudian setelah kamu berdukacita, Allah menurunkan kepada kamu keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan dari pada kamu [241], sedang segolongan lagi [242] telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri, mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliyah [243]. Mereka berkata: "Apakah ada ba

The 360 Leader - John C Maxwell

Hampir semua pemimpin memiliki pimpinan yang lebih tinggi. Bolehlah dibilang, tidak ada pemimpin yang tidak memiliki pemimpin diatasnya. Karenanya, buku The 360 Leader karangan John C. Maxwell ini sejatinya adalah untuk semua pemimpin, bukan hanya untuk para manajer yang selalu berada di bawah para pemilik perusahaan. Pun demikian, penjelasan buku ini memang lebih difokuskan kepada para manajer, senior manajer dan para pemimpin sejenis dalam perusahaan yang berada di bawah kepemimpinan orang-orang di atasnya. Buku setebal 400 halaman ini mengawali penjelasanya dengan 7 mitos tentang memimpin dari bagian tengah. Berikutnya menjelaskan tantangan yang dihadapi pemimpin 360 Derajat. Pada bagian ketiga dijelaskan bagaimana memimpin ke atas. Bagian keempat dan kelima menjelaskan praktik memimpin ke samping dan ke bawah. Pada bagian akhir dijelaskan nilai-nilai pemimpin 360 Derajat. Prinsip utama dari kepemimpinan 360 derajat adalah bahwa pemimpin bukanlah posisi, melainkan pe

Penguatan Ekonomi Rakyat melalui Zakat (eBook)

Dalam komunitas global kita mengenal ekonomi kapitalis dan sosialis. Ekonomi kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi barang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya.  Sedangkan ekonomi sosialis adalah  suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah. Komunitas domestik juga mengenal beberapa istilah ekonomi, seperti ekonomi gotong-royong dan sebagainya. Namun sesungguhnya, sejak jaman Rosulullah, Islam telah mengenalkan sistem ekonomi, yang mana pondasinya telah dibentuk melalui syariat zakat.  eBook ini tidak menjelaskan sistem ekonomi, namun terbatas pada dasar-dasar syariat zakat yang mempunyai potensi dikembangkan menjadi pilar-pilar ekonomi rakyat. Selamat membaca, semoga bermanfaat. Download di link berikut, GRATIS Penguatan