Skip to main content

Family







Ayah: H. Ali Maksum
Ibu: Hj. Siti Aisah, Almh
Saudara: Hj. Suptinipah
Yahya Abadi
Hj. Zumaroh, Almh
Zamroni
Ali Muakhor

Istri: Arum Pandan Wangi
Anak: Sayyed Ali Rafi
Alwi Husein
Fauzi Hasan

Mertua: H. Hari Rahardjo
Hj. Sri Suharmi




Ayahku

Seperti ayah-ayah yang lain, ayahku punya banyak kelebihan juga banyak kekurangan. Aku bersyukur kepada-Nya, bahwa aku ditakdirkan memilik seorang ayah yang bertanggung jawab dan agamis, terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak mungkin mengurangi rasa hormat saya kepadanya. Ayahku seorang wiraswasta yang tumbuh dari nol di dusun yang kecil. Tidak seperti ayah-ayah lain di dusun tersebut, bisnis ayah tumbuh meninggalkan teman-temannya, sampai akhirnya pindah ke desa yang lebih sejahtera. Mungkin juga diluar dugaannya, di desa baru ini bisnis ayah semakin maju dan dalam waktu yang relatif singkat sudah menjadi yang terbesar di desa waktu itu. Bisnis ayahku adalah bisnis kecil kelas kampung, tentu prestasinya sama sekali tidak bisa dibandingkan dengan prestasi para pebisnis di Jakarta, . Namun ada satu hal yang sangat memukau bagiku adalah kemampuannya membuat inovasi bisnis. Ayahku selalu memulai bisnis yang belum ada di daerah tersebut, sehingga selalu menikmati masa monopoli yang menguntungkan, meskipun dalam waktu yang telatif singkat. Setelah orang lain mengikutinya, dan kompetisi mulai krodit, ayahku mulai bangun bisnis baru lagi, dan akhirnya kembali menikmati masa monopoli. Sedangkan bisnis lama tetap dijalani meskipun dengan perhatian yang minimal. Kekagumanku baru kurasakan setelah saat ini, ketika bisnis yang aku kelola pada posisi sulit, ternyata sukar ketemui jalan keluarnya. Tidak mudah berinovasi pada posisi seperti ini.


Ibuku
Ibuku telah berpulang kepada-Nya tahun 2005 yang lalu. Seperti halnya ayah, ibu memiliki semangat tinggi sekali dalam membantu ayahku mencari nafkah. Meskipun agak cerewet, namun kasih sayang ibu sangat kuat sekali terekam dalam pikiran.

---------------------------------selesai---------------------------------



Comments

Popular posts from this blog

Ayat-Ayat Al-Quran Tentang TAKDIR

***57:22*** 22. Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

***6:59*** 59. Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)"

***3:154*** 154. Kemudian setelah kamu berdukacita, Allah menurunkan kepada kamu keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan dari pada kamu [241], sedang segolongan lagi [242] telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri, mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliyah [243]. Mereka berkata: "Apakah ada bagi kita barang sesuatu (ha…

Penguatan Ekonomi Rakyat melalui Zakat (eBook)

Dalam komunitas global kita mengenal ekonomi kapitalis dan sosialis. Ekonomi kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi barang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya. Sedangkan ekonomi sosialis adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.

Komunitas domestik juga mengenal beberapa istilah ekonomi, seperti ekonomi gotong-royong dan sebagainya. Namun sesungguhnya, sejak jaman Rosulullah, Islam telah mengenalkan sistem ekonomi, yang mana pondasinya telah dibentuk melalui syariat zakat. 

eBook ini tidak menjelaskan sistem ekonomi, namun terbatas pada dasar-dasar syariat zakat yang mempunyai potensi dikembangkan menjadi pilar-pilar ekonomi rakyat. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Download di link berikut, GRATIS

Penguatan Ekonomi Rakyat …