Langsung ke konten utama

Tips Twitter untuk UKM



Jika Anda menjalankan UKM dan telah terbiasa menggunakan jejaring sosial seperti Facebook dan twitter, kini saatnya Anda beralih ke level yang lebih tinggi dalam menjual melalui social media (socmed), khususnya twitter. Berikut 5 tips untuk Anda.

1. Hati-hati dengan Penjadwalan
Penjadwalan tweet dengan platform seperti HootSuite atau TweetDeck dapat menjadi cara yang bagus untuk menyebar tweet Anda sepanjang hari. Namun, Anda harus memperhatikan setiap tanggapan, karena tanggapan sama pentingnya dengan tweet awal, jika tidak lebih.
Kunci untuk menarik pengikut di Twitter adalah untuk terlibat dengan pengguna,. Hootsuite adalah platform gratis yang memungkinkan UKM menjadwalkan tweet untuk semua akun di satu tempat. Itu berarti bahwa Anda tidak harus menghabiskan sepanjang hari merencanakan 140 karakter berikutnya untuk dipublikasikan. Namun, periksa kembali per jam untuk melihat siapa yang telah tweeted kembali. Pengguna Twitter memiliki rentang perhatian yang pendek, jadi penting untuk merespon secepat mungkin.

2. Duduk di Stream
Akrablah dengan frase atau hashtags yang relevan dengan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda selalu punya telinga di ranah socmed. Hashtags adalah cara yang baik untuk melacak percakapan tentang topik tertentu. Dengan Hootsuite, perusahaan dapat menciptakan aliran yang melacak hashtag tertentu, memberikan cara mudah untuk menemukan konten dan terlibat dengan tweeter lainnya. Sebagai contoh, jika perusahaan Anda membuat batik, sebaiknya Anda mengikuti stream/ aliran dengan hashtag # batik.

3. Jangan Hanya Mengandalkan @ Anda
Anda tidak bisa mengandalkan semua pengguna untuk melakukan handle @-Anda. Jika hanya mendengarkan tweet yang menyebutkan @batikku, misalnya, Anda akan kehilangan tweet seperti, "aku butuh batikku" yang tidak menyertakan handle @-Anda.
Solusinya? Tingkatkan teknik pelacakan.
Topsy.com adalah situs yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian di socmed. Lakukan pencarian setiap hari untuk bisnis Anda dan mempersempit hasil pencarian untuk tweet hanya untuk melihat siapa yang sedang berbicara tentang UKM Anda tetapi tidak menyebutkan @-Anda. Atau Anda dapat menyimpan pencarian untuk beberapa istilah kunci dari nama UKM Anda, seperti "batikku"

4. Jangan Menjadi egomaniac Socmed
Mungkin sebagian besar tweets Anda adalah tentang bisnis Anda, namun Anda perlu juga mengembangkan ‘kepribadian manusia’ pada tweet. Twitter adalah berbagi ide, informasi dan kadang-kadang kutipan inspirasional dalam rangka membangun komunitas di sekitar bisnis kita. Cobalah untuk tweet setidaknya lima kali per hari dengan satu atau dua diantaranya adalah tweets yang memungkinkan follower berinteraksi dengan UKM Anda. Contoh, “silahkan mention sekarang untuk dapat batikku gratis”

5. Tetap di Jalur
Menghitung laba atas investasi dari socmed bisa menjadi tantangan berat, terutama untuk UKM yang tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk analisis yang kompleks. Penyortir URL Bitly memungkinkan pengguna membuat link singkat untuk setiap online URL yang tersedia. Dapatkan akun gratis dan buat Bitly links atau 'bitmarks' yang dapat digunakan setiap kali Anda mengirim pengguna kembali ke website UKM Anda.

* Tips di atas adalah ringkasan dari tulisan Devin Desjarlais, social media manager at Max Borges Agency, mashable.com

Komentar

  1. Tips ini telah dimuat Majalah INTIMATE edisi September 2012.

    http://dl.dropbox.com/u/55331858/article/publish/20120900_intimate_tips_twitterUtkUKM.pdf

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

The 360 Leader - John C Maxwell

Hampir semua pemimpin memiliki pimpinan yang lebih tinggi. Bolehlah dibilang, tidak ada pemimpin yang tidak memiliki pemimpin diatasnya. Karenanya, buku The 360 Leader karangan John C. Maxwell ini sejatinya adalah untuk semua pemimpin, bukan hanya untuk para manajer yang selalu berada di bawah para pemilik perusahaan. Pun demikian, penjelasan buku ini memang lebih difokuskan kepada para manajer, senior manajer dan para pemimpin sejenis dalam perusahaan yang berada di bawah kepemimpinan orang-orang di atasnya. Buku setebal 400 halaman ini mengawali penjelasanya dengan 7 mitos tentang memimpin dari bagian tengah. Berikutnya menjelaskan tantangan yang dihadapi pemimpin 360 Derajat. Pada bagian ketiga dijelaskan bagaimana memimpin ke atas. Bagian keempat dan kelima menjelaskan praktik memimpin ke samping dan ke bawah. Pada bagian akhir dijelaskan nilai-nilai pemimpin 360 Derajat. Prinsip utama dari kepemimpinan 360 derajat adalah bahwa pemimpin bukanlah posisi, melainkan pe

WIMAX KANDIDAT JARINGAN 4G

Pada awal tahun 2000-an, bahkan sampai dengan saat ini kita sudah sangat familiar dengan teknologi Wi-Fi, diantaranya adalah wireless yang kita gunakan sehari-hari di Laptop. Teknologi Wi-Fi di Laptop ini merupakan implementasi dari standar IEEE 802.11x, yang sebenarnya telah mengalami perkembangan dari mulai 802.11a, 802.11b sampai 802.11g. Perkembangan tersebut menghasilkan kecepatan dan jangkauan yang lebih baik, spektrum frekuensi yang lebih efisien dan sebagainya. Teknologi Worldwide Interoperability for Microwave Access (Wimax) merupakan implementasi standar IEEE 802.16x, yang notabene adalah pengembangan dari teknologi Wi-FI dengan standar IEEE 802.11. Wimax dikembangkan oleh Wimax Forum yang dimotori lebih dari 400 vendor global seperti Intel, Siemens, ZTE, Nokia dan lainnya. Secara umum kita mengenal dua jenis Wimax, yaitu Wimax untuk jaringan tetap atau disebut Fixed Wimax, dan Wimax untuk jaringan bergerak atau sering disebut Mobile Wimax. Teknologi Fixed Wimax mampu menduk

Liburan Keluarga di Kuala Lumpur

Masjid Putra Kunjungan Kuala Lumpur kali ini merupakan yang ke sekian kalinya, tapi menjadi yang pertama kali untuk liburan keluarga. Liburan keluarga selalu mendapatkan pengalaman yang berbeda dibandingkan liburan bersama teman kantor, apalagi jika dibandingkan dengan perjalanan dinas. Seperti biasanya, kami memilih untuk ''berjalan sendiri", tanpa bantuan agen travel atau pun guide lokal. Otomatis, saya akan menjadi EO sekaligus guide-nya. Kami sudah pesan tiket jauh hari, agar keluarga merasa nyaman dan tentu saja agar harga tiket lebih miring. Kami mendapat tiket Malaysia Airline PP sekitar 1,7 juta rupiah, karena berdekatan dengan liburan Natal. Jika waktu kunjungan jauh dari liburan bersama, mungkin bisa mendapatkan tiket lebih hemat. Untuk akomodasi, kami pilih tengah kota, agar mudah jalan kaki kemana pun, dan tentu saja dekat dengan Petronas Twin Tower. Tidak usah kawatir harga mahal, buktinya saya mendapatkan hotel butik yang sangat nyaman, denga