Skip to main content

Tips Twitter untuk UKM



Jika Anda menjalankan UKM dan telah terbiasa menggunakan jejaring sosial seperti Facebook dan twitter, kini saatnya Anda beralih ke level yang lebih tinggi dalam menjual melalui social media (socmed), khususnya twitter. Berikut 5 tips untuk Anda.

1. Hati-hati dengan Penjadwalan
Penjadwalan tweet dengan platform seperti HootSuite atau TweetDeck dapat menjadi cara yang bagus untuk menyebar tweet Anda sepanjang hari. Namun, Anda harus memperhatikan setiap tanggapan, karena tanggapan sama pentingnya dengan tweet awal, jika tidak lebih.
Kunci untuk menarik pengikut di Twitter adalah untuk terlibat dengan pengguna,. Hootsuite adalah platform gratis yang memungkinkan UKM menjadwalkan tweet untuk semua akun di satu tempat. Itu berarti bahwa Anda tidak harus menghabiskan sepanjang hari merencanakan 140 karakter berikutnya untuk dipublikasikan. Namun, periksa kembali per jam untuk melihat siapa yang telah tweeted kembali. Pengguna Twitter memiliki rentang perhatian yang pendek, jadi penting untuk merespon secepat mungkin.

2. Duduk di Stream
Akrablah dengan frase atau hashtags yang relevan dengan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda selalu punya telinga di ranah socmed. Hashtags adalah cara yang baik untuk melacak percakapan tentang topik tertentu. Dengan Hootsuite, perusahaan dapat menciptakan aliran yang melacak hashtag tertentu, memberikan cara mudah untuk menemukan konten dan terlibat dengan tweeter lainnya. Sebagai contoh, jika perusahaan Anda membuat batik, sebaiknya Anda mengikuti stream/ aliran dengan hashtag # batik.

3. Jangan Hanya Mengandalkan @ Anda
Anda tidak bisa mengandalkan semua pengguna untuk melakukan handle @-Anda. Jika hanya mendengarkan tweet yang menyebutkan @batikku, misalnya, Anda akan kehilangan tweet seperti, "aku butuh batikku" yang tidak menyertakan handle @-Anda.
Solusinya? Tingkatkan teknik pelacakan.
Topsy.com adalah situs yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian di socmed. Lakukan pencarian setiap hari untuk bisnis Anda dan mempersempit hasil pencarian untuk tweet hanya untuk melihat siapa yang sedang berbicara tentang UKM Anda tetapi tidak menyebutkan @-Anda. Atau Anda dapat menyimpan pencarian untuk beberapa istilah kunci dari nama UKM Anda, seperti "batikku"

4. Jangan Menjadi egomaniac Socmed
Mungkin sebagian besar tweets Anda adalah tentang bisnis Anda, namun Anda perlu juga mengembangkan ‘kepribadian manusia’ pada tweet. Twitter adalah berbagi ide, informasi dan kadang-kadang kutipan inspirasional dalam rangka membangun komunitas di sekitar bisnis kita. Cobalah untuk tweet setidaknya lima kali per hari dengan satu atau dua diantaranya adalah tweets yang memungkinkan follower berinteraksi dengan UKM Anda. Contoh, “silahkan mention sekarang untuk dapat batikku gratis”

5. Tetap di Jalur
Menghitung laba atas investasi dari socmed bisa menjadi tantangan berat, terutama untuk UKM yang tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk analisis yang kompleks. Penyortir URL Bitly memungkinkan pengguna membuat link singkat untuk setiap online URL yang tersedia. Dapatkan akun gratis dan buat Bitly links atau 'bitmarks' yang dapat digunakan setiap kali Anda mengirim pengguna kembali ke website UKM Anda.

* Tips di atas adalah ringkasan dari tulisan Devin Desjarlais, social media manager at Max Borges Agency, mashable.com

Comments

  1. Tips ini telah dimuat Majalah INTIMATE edisi September 2012.

    http://dl.dropbox.com/u/55331858/article/publish/20120900_intimate_tips_twitterUtkUKM.pdf

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ayat-Ayat Al-Quran Tentang TAKDIR

***57:22*** 22. Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

***6:59*** 59. Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)"

***3:154*** 154. Kemudian setelah kamu berdukacita, Allah menurunkan kepada kamu keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan dari pada kamu [241], sedang segolongan lagi [242] telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri, mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliyah [243]. Mereka berkata: "Apakah ada bagi kita barang sesuatu (ha…

Penguatan Ekonomi Rakyat melalui Zakat (eBook)

Dalam komunitas global kita mengenal ekonomi kapitalis dan sosialis. Ekonomi kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi barang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya. Sedangkan ekonomi sosialis adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.

Komunitas domestik juga mengenal beberapa istilah ekonomi, seperti ekonomi gotong-royong dan sebagainya. Namun sesungguhnya, sejak jaman Rosulullah, Islam telah mengenalkan sistem ekonomi, yang mana pondasinya telah dibentuk melalui syariat zakat. 

eBook ini tidak menjelaskan sistem ekonomi, namun terbatas pada dasar-dasar syariat zakat yang mempunyai potensi dikembangkan menjadi pilar-pilar ekonomi rakyat. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Download di link berikut, GRATIS

Penguatan Ekonomi Rakyat …