Langsung ke konten utama

Leadership is Influence, Nothing More, Nothing Less

"Kalian harus mulai belajar memimpin", demikian saranku kepada 12 anak generasi termuda di kantor. Setelah terdiam sesaat, salah satu dari mereka ngacung sambil bertanya, "Pak, kami semua masih staf, bagaimana cara kami belajar memimpin?". Sempat aku berpikir beberapa waktu, agar bisa memberi jawaban terbaik, namun singkat. Jawaban itu adalah: Leadership is influencenothing morenothing less.

Setelah jawaban singkat tersebut, aku berusaha memberikan penjelasan yang lebih rinci, dan akhirnya cukup panjang. Karena itulah, jawaban tersebut menjadi artikel yang sedang Anda baca.

Leadership is influence, nothing more nothing less, adalah quote yang dipopulerkan oleh pembicara leadership internasional, John C. Maxwell. Leadership bukanlah status, bukanlah jabatan. Untuk memimpin sekelompok orang, tidak perlu menunggu status, tidak perlu menunggu jabatan tertentu. Sekelompok orang dengan status dan jabatan yang sama, bisa saja muncul seorang pemimpin, yang secara sengaja atau pun tidak, mampu mempengaruhi kelompok tersebut, menuju ke arah tujuan bersama. Ilustrasi berikut semoga bisa menegaskan penjelasan di atas.

Sekelompok orang tersesat di hutan. Setelah mereka berjalan cukup lama ke arah kiri, ternyata sampai di titik semula. Mereka mengulangi kembali ke arah kanan, ternyata masih kembali ke titik semula. Mereka terhenti di lokasi tersebut, dan akhirnya menyadari, mereka sedang tersesat. Sebagian mereka mulai menyalahkan temannya. Sebagian lain mulai menyesali perjalanan. Sebagian lagi mulai menangis dan meratapi nasib malang. Sebagian lagi acuh yang penting tetap bersama dengan lainnya. Yang sebagian lagi berpikir keras mencari jalan keluar, sambil merupaya memberi harapan kepada temannya. Suasana mulai krodit dan makin krodit.

Pada suasana demikian, apakah Anda bisa menebak, siapa yang bakal tampil sebagai pemimpin? Rasanya mudah saja menebaknya.

Hampir dipastikan, orang yang punya karakter suka menyalahkan temannya, tidak akan tampil sebagai pemimpin. Kita juga tidak mungkin mengangkat orang yang menangis dan meratapi nasib sebagai pemimpin, demikian juga dengan yang acuh. Kemungkinan besar, kepemimpinan muncul dari orang yang selalu memberi harapan kepada temannya, berpikir keras mencari jalan keluar, mempunyai keyakinan kuat terhadap arah yang akan dituju, dan mampu meyakinkan temannya untuk berjalan menuju arah yang diyakininya.

Karakter ini akan tampil memimpin mereka. Mungkin sebagian temannya senang dan bersedia mengikuti orang ini. Mungkin juga sebagian yang lain tidak bersedia menjadi pengikutnya. Bahkan, bisa jadi, sebagian lain membenci dan menolak untuk menjadi pengikut orang ini, karena berbagai alasan, mungkin saja alasan pribadi.

Namun pada akhirnya, mereka semua akan mengikuti dan menjadi pengikut, meskipun dengan keterpaksaan. Kenapa demikian? karena mereka tidak punya pilihan. Karena jika mereka mengikuti, bisa jadi mereka selamat atau tidak selamat, namun paling tidak mereka masih bisa bersama dengan teman-teman lainnya, tidak mengambil resiko sendirian. Jika mereka tidak mengikuti dan ambil keputusan menyendiri, resikonya jauh lebih besar, karena mereka tidak tahu jalan pulang, dan tidak ada satu pun pelindung jika ada sesuatu terjadi padanya. Maka, sekali lagi, tidak ada opsi bagi mereka, kecuali mengikuti, meskipun dengan terpaksa.

Contoh ini bisa kita bawa ke kantor, atau ke lingkungan RT, atau RW, atau lingkungan sosial. Di lingkungan kantor, yang mana kinerjanya jelek, masing-masing pegawai saling menyalahkan, tidak ada niat saling membantu, tidak ada yang semangat memperbaiki keadaan, semua apatis dan pesimis. Pada kondisi demikian, sebetulnya mirip dan tidak ubahnya seperti kondisi kesesatan dalam hutan, sebagaimana contoh di atas. Dan pemimpin yang akan tampil adalah pemimpin yang memiliki karakter di atas.

Pada studi kasus kesesatan di hutan, seseorang telah menunjukkan bukti, bahwa leadership is influence, not status. Kasus ini sekaligus menunjukkan kemunculan seorang pemimpin yang mempunyai karakter one who knows the way, goes the way, and shows the way.

Demikian, semoga menginspirasi dan bermanfaat. Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The 360 Leader - John C Maxwell

Hampir semua pemimpin memiliki pimpinan yang lebih tinggi. Bolehlah dibilang, tidak ada pemimpin yang tidak memiliki pemimpin diatasnya. Karenanya, buku The 360 Leader karangan John C. Maxwell ini sejatinya adalah untuk semua pemimpin, bukan hanya untuk para manajer yang selalu berada di bawah para pemilik perusahaan. Pun demikian, penjelasan buku ini memang lebih difokuskan kepada para manajer, senior manajer dan para pemimpin sejenis dalam perusahaan yang berada di bawah kepemimpinan orang-orang di atasnya. Buku setebal 400 halaman ini mengawali penjelasanya dengan 7 mitos tentang memimpin dari bagian tengah. Berikutnya menjelaskan tantangan yang dihadapi pemimpin 360 Derajat. Pada bagian ketiga dijelaskan bagaimana memimpin ke atas. Bagian keempat dan kelima menjelaskan praktik memimpin ke samping dan ke bawah. Pada bagian akhir dijelaskan nilai-nilai pemimpin 360 Derajat. Prinsip utama dari kepemimpinan 360 derajat adalah bahwa pemimpin bukanlah posisi, melainkan pe

WIMAX KANDIDAT JARINGAN 4G

Pada awal tahun 2000-an, bahkan sampai dengan saat ini kita sudah sangat familiar dengan teknologi Wi-Fi, diantaranya adalah wireless yang kita gunakan sehari-hari di Laptop. Teknologi Wi-Fi di Laptop ini merupakan implementasi dari standar IEEE 802.11x, yang sebenarnya telah mengalami perkembangan dari mulai 802.11a, 802.11b sampai 802.11g. Perkembangan tersebut menghasilkan kecepatan dan jangkauan yang lebih baik, spektrum frekuensi yang lebih efisien dan sebagainya. Teknologi Worldwide Interoperability for Microwave Access (Wimax) merupakan implementasi standar IEEE 802.16x, yang notabene adalah pengembangan dari teknologi Wi-FI dengan standar IEEE 802.11. Wimax dikembangkan oleh Wimax Forum yang dimotori lebih dari 400 vendor global seperti Intel, Siemens, ZTE, Nokia dan lainnya. Secara umum kita mengenal dua jenis Wimax, yaitu Wimax untuk jaringan tetap atau disebut Fixed Wimax, dan Wimax untuk jaringan bergerak atau sering disebut Mobile Wimax. Teknologi Fixed Wimax mampu menduk

Liburan Keluarga di Kuala Lumpur

Masjid Putra Kunjungan Kuala Lumpur kali ini merupakan yang ke sekian kalinya, tapi menjadi yang pertama kali untuk liburan keluarga. Liburan keluarga selalu mendapatkan pengalaman yang berbeda dibandingkan liburan bersama teman kantor, apalagi jika dibandingkan dengan perjalanan dinas. Seperti biasanya, kami memilih untuk ''berjalan sendiri", tanpa bantuan agen travel atau pun guide lokal. Otomatis, saya akan menjadi EO sekaligus guide-nya. Kami sudah pesan tiket jauh hari, agar keluarga merasa nyaman dan tentu saja agar harga tiket lebih miring. Kami mendapat tiket Malaysia Airline PP sekitar 1,7 juta rupiah, karena berdekatan dengan liburan Natal. Jika waktu kunjungan jauh dari liburan bersama, mungkin bisa mendapatkan tiket lebih hemat. Untuk akomodasi, kami pilih tengah kota, agar mudah jalan kaki kemana pun, dan tentu saja dekat dengan Petronas Twin Tower. Tidak usah kawatir harga mahal, buktinya saya mendapatkan hotel butik yang sangat nyaman, denga