Skip to main content

Teknologi ICT Yang Bakal Dilupakan


Lima tahun lalu kita terbiasa menggunakan keyboard numerik, dua tahun berikutnya pakai QWERTY ala blackberry, dan hari ini ketagihan pakai layar sentuh kapasitif (touch screen). Lima tahun ke depan kita bakal mengunakan antar muka berupa layar yang bisa dilipat. Bayangkan bagaimana kira-kira bentuk gadgetnya. Mungkin seperti jam tangan, pensil, kacamata, atau entahlah.

Bill Gates memprediksi teknologi yang bakal muncul dan menjadi persaingan global adalah teknologi layar. Nampaknya prediksi tersebut bakal menjadi nyata. Pada ajang Nokia World akhir 2011, Nokia telah mengenalkan ponsel yang bisa ditekuk-tekuk. Mereka menyebutnya “perangkat kinetik”. Sedangkan Samsung telah memamerkan layar Amoled lentur dan menyebutnya ponsel fleksibel. Samsung berjanji mengeluarkan perangkat tersebut pada 2012 atau 2013. Sementara Blackberry yang menjadi icon QWERTY bahkan sedang mengembangkan platform Blackbery 10 yang kabarnya berbasis layar sentuh, meskipun mereka masih menyediakan keyboard juga.

Fenomena ini menunjukkan bahwa teknologi antara muka dan layar bakal menjadi medan persaingan para produsen gadget. Tren ini sekaligus bakal menghapus atau setidaknya menurunkan secara drastis penggunaan keyboard dan mouse, yang selama ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita.
Tren teknologi konsumen masa depan tentunya tidak melulu teknologi layar. Pengamat teknologi Avram Piltch menyebut 15 peralatan dan konsep teknologi yang masih dipakai saat ini di Amerika, namun tidak akan populer lagi dalam beberapa waktu mendatang. Lima diantaranya sebagai berikut.

Nomor telepon. Nomor telepon mungkin sangat berarti bagi kehidupan kita pada setengah abad terakhir. Namun untuk beberapa tahun ke depan, tidak lagi menjadi penting. Nomor telepon mulai digantikan oleh obrolan melalui internet dengan kemampuan video seperti Skype, Google Talk, Google+ Hangout dan Facebook Audio. Aplikasi ini akan semakin menyenangkan ketika koneksi internet semakin cepat dan murah. Alternatif pengganti nomor telepon lainnya seperti Yahoo Messenger, WhatsApps, Line, Blackberry Messenger dan masih banyak lagi.

Komputer desktop. Komputer meja (desktop) bakal menyusut, karena orang kantoran maupun rumah tangga mulai memanfaatkan perangkat mobile seperti laptop, netbook dan ultrabook. Bahkan banyak orang sudah cukup nyaman menggunakan tablet dan smartphone lebar seperti Galaxy Note. Tren ini pasti akan terus menguat, menginat kemampuan perangkat mobile semakin bersaing dibanding desktop.

Mesin faksimil. Mesin faksimil sempat menjadi andalan bagi para sekretaris kantoran. Nampaknya alat ini bakal makin pudar, seperti halnya mesin ketik yang sudah nyaris punah karena komputer. Perangkat scan, kamera dan pengiriman dokumen yang saat ini berkembang pesat dipastikan bakal menggusur peran mesin faksimil pada beberapa tahun mendatang.

Kamera foto. Kamera foto dan video semakin tidak populer karena munculnya fitur kamera pada smartphone. Bahkan informasi yang berkembang bulan ini, Google sedang merancang kamera yang tertanam pada kacamata. Apakah berarti kamera foto dan video punah? Mungkin tidak, namun dipakai hanya oleh sekelompok kecil yang membutuhkan kemampuan khusus pada kamera tersebut.

Remote control. Remote control yang sering menemai kita menonton televisi nampaknya bakal digantikan oleh kendali dengan gerakan tangan dan suara. Google cukup serius menjajaki teknologi ini. Bahkan Samsung sudah mulai mengeluarkan perangkat percobaan.

Selain tersebut di atas, penulis memprediksi beberapa tren teknologi yang akan populer pada beberapa tahun mendatang. Teknologi jaringan seluler beralih ke LTE dan media penyimpanan menuju komputasi awan. Konsep primetime pada acara televisi bakal memudar, sementara Google akan semakin kokoh di platform smartphone Android dan browser internet Chrome.

Long Term Evolution (LTE) nampaknya bakal menjadi teknologi 4 G paling populer di dunia, termasuk Indonesia. Teknologi ini menjadi pilihan roadmap GSM maupun CDMA. Sekaligus mengalahkan kandidat 4G lainnya seperti WiMAX, HiPerMAN maupun WiBro.

Tren koneksi internet yang makin cepat dan murah mendorong semakin maraknya penggunaan cloud computing, atau sering disebut komputasi awan. Perkembangan komputasi awan juga terbantu oleh media penyimpanan yang semakin besar dan murah. Komputasi awan semakin memanjakan pengguna, karena gadget yang dibutuhkan lebih sederhana namun fungsi dan kemampuannya semakin dahsyat.

Saat ini primetime menjadi andalan televisi dan radio mencari iklan sebesar-besarnya. Seiring dengan perkembangan tayangan via internet (streaming), tayangan primetime sudah bisa dinikmati kapan saja di mana saja. Bahkan saat ini Telkom sedang gencar-gencarnya menjual Groovia, televisi berbayar yang menggunakan teknologi internet. Dengan Groovia, tayangan live (langsung) bisa di pause, mundur atau dimajukan. Groovia mengusung tagline primetime is your time.

Google tidak butuh waktu lama untuk menyalip para seniornya. Pertengahan tahun 2011 lalu Android telah merajai pasar platform smartphone yang semula dikuasai Symbian Nokia. Januari 2012 posisi Android semakin perkasa dengan pangsa pasar 48,6 persen, jauh di atas Apple sebesar 29,5 persen dan dan Symbian yang tinggal 1,5 persen. Demikian juga dengan Google Chrome yang cukup fenomenal. Saat ini Chrome telah menembus pangsa pasar sebesar 32 persen, menggulingkan dominasi Internet Explorer (IE) yang telah berkuasa bertahun-tahun. IE berada di posisi kedua dengan 31 persen, menyusul Firefox, Safari dan Opera. Dominasi Chrome dan Android diyakini akan semakin kuat, mengingat ekosistim yang dibangun Google semakin komprehensif.

Begitulah prediksi tren teknologi dalam satu sampai lima tahun ke depan. Seperti biasanya, pengguna tidak bisa menghindar dan selalu terbawa oleh perubahan tersebut. Tentu menjadi langkah bijak jika anda merencanakannya sejak sekarang. Hindari melakukan kesalahan belanja, agar tidak menyesal kemudian.

Comments

  1. Artikel ini telah di published oleh INTIMATE MAGAZINE edisi Mei 2012. Versi PDF dapat di klik pada link berikut.

    http://dl.dropbox.com/u/55331858/article/publish/120600_intimate_TeknologiICTYangBakalDilupakan.pdf

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ayat-Ayat Al-Quran Tentang TAKDIR

***57:22*** 22. Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

***6:59*** 59. Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)"

***3:154*** 154. Kemudian setelah kamu berdukacita, Allah menurunkan kepada kamu keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan dari pada kamu [241], sedang segolongan lagi [242] telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri, mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliyah [243]. Mereka berkata: "Apakah ada bagi kita barang sesuatu (ha…

Penguatan Ekonomi Rakyat melalui Zakat (eBook)

Dalam komunitas global kita mengenal ekonomi kapitalis dan sosialis. Ekonomi kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi barang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya. Sedangkan ekonomi sosialis adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.

Komunitas domestik juga mengenal beberapa istilah ekonomi, seperti ekonomi gotong-royong dan sebagainya. Namun sesungguhnya, sejak jaman Rosulullah, Islam telah mengenalkan sistem ekonomi, yang mana pondasinya telah dibentuk melalui syariat zakat. 

eBook ini tidak menjelaskan sistem ekonomi, namun terbatas pada dasar-dasar syariat zakat yang mempunyai potensi dikembangkan menjadi pilar-pilar ekonomi rakyat. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Download di link berikut, GRATIS

Penguatan Ekonomi Rakyat …