Skip to main content

Cyborg Centaur dan Space Cowboy

Jika anda sedang mengalami kesulitan menjual produk, mungkin saatnya mengevaluasi kembali segmentasi calon pelanggan. Mungkin anda pernah mengklasifikasikan mereka menurut umur, pendapatan, atau jenis pekerjaan. Atau anda mengikuti Markplus dengan klasifikasi netizen, women and youth. Jika demikian, cobalah segmentasi baru cyborg, centaur dan space cowboy.


Daniela Periimutter, direktur Amdocs Senior Executive, baru saja menyelenggarakan survey global yang komprehensif untuk menginvestigasi kekuatan yang mendorong konsumen dalam memakai bahkan bersedia membayar lebih terhadap jasa, teknologi dan perangkat bergerak (gadget). Survey menyimpulkan adanya tiga kelompok 'avatar' yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun segmentasi produk, khususnya bagi para operator dan penyelenggara jasa telekomunikasi dan internet. Tiga avatar tersebut adalah cyborg, centaur dan space cowboy.


Cyborg. Cyborg selalu membutuhkan 'connectivity' dalam semua kehidupan mereka, baik pada urusan bisnis ataupun pribadi, di manapun mereka berada, dengan berbagai perangkat bergerak yang dikehendaki. Cyborg adalah pemakai antusias sosial media, gaming, aplikasi mobil dan seterusnya. Mereka selalu berharap memperoleh pengalaman baru dan layanan terkini. Cyborg siap dan bersedia membayar lebih untuk suatu layanan terbaik yang mereka dapatkan. Pada umumnya mereka setia kepada operator yang mampu memberikan pengalaman terbaik.


Untuk konsumen Indonesia, cyborg diwakili oleh para profesional muda dan mahasiswa yang selalu update dengan gadget dan teknologi. Sehari-hari menenteng gadget keren, berkumpul dengan komunitas digital, bangun tidur update status bahkan sebelum sikat gigi. Mereka haus dengan perkembangan teknologi, dan berharap menyicipi pada kesempatan pertama. Diantara mereka adalah para blogger, developer, gamer, trend setter teknologi dan seterusnya.


Centaur. Centaur memperlakukan gadget sesuai dengan fungsinya. Gadget tidak merepresentasi prestasi dan kepribadiannya. Mereka cenderung membedakan urusan pribadi dengan bisnis, karenanya gadgetnya pun dibedakan. Untuk urusan sosial, mereka menyukai komunikasi tatap muka dan telepon. Cukup menarik, karena ternyata mereka juga sering memanfaatkan sms secara intensif. Centaur sangat rasional dalam memilih produk, mereka dengan mudah berganti operator dengan alasan tarif. Namun demikian mereka juga bersedia membayar lebih untuk layanan-layanan premium yang mereka butuhkan.


Konsumen Indonesia yang mewakili kelompok ini adalah para pekerja, para pebisnis, para profesional, golongan ekonomi mapan dan lainnya yang tidak antusias dengan teknologi gadget. Mereka memilih jenis gadget karena suatu fitur yang dikehendaki atau rekomendasi teman atau dengan alasan banyak sejawatnya yang telah menggunakan. Mereka tidak risau dianggap gaptek, tidak antusias mengikuti komunitas digital, dan jika update status hanya sekedar sesuai kebutuhan, atau bahkan tidak menggunakan sosial media.


Space cowboy. Space cowboy adalah kelompok kutu loncat, individualistis, sulit diprediksi, suka berganti gadget bahkan ganti operator, baik karena alasan teknologi maupun ekonomi. Mereka memanfaatkan teknologi dan gadget untuk mendukung nilai pribadinya, bukan untuk peningkatan interaksi sosial. Mereka sangat siap membayar lebih terhadap layanan premium, sepanjang mendukung nilai pribadi yang mereka harapkan.


Kelompok space cowboy sangat terbatas jumlahnya. Kelompok ini diwakili oleh individu yang menggunakan teknologi untuk kepentingannya saja. Seperti UKM yang menggunakan facebook untuk jualan barang, para petualang saham yang memanfaatkan internet dan gadget untuk transaksi anytime dan anywhere, pemilik merek yang memanfaatkan twitter untuk peningkatan value terhadap mereknya, dan seterusnya. Mereka sangat mudah ganti produk bahkan operator, jika produk tersebut tidak lagi menunjang kepentingannya.


Jika anda telah memahami tiga kelompok avatar di atas, dan anda juga mampu memilah jenis avatar pelanggan, tentu anda bakal mampu memenuhi harapan mereka dengan cara yang lebih efektif. Jika anda ingin menjual sesuatu kepada mereka, anda pun akan menggunakan cara berbeda untuk masing-masing avatar. Dengan cara itu, jualan anda dipastikan bakal lebih lancar. Selamat mencoba dan sukses.


Published with Blogger-droid v2.0.2

Comments

Popular posts from this blog

Ayat-Ayat Al-Quran Tentang TAKDIR

***57:22*** 22. Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

***6:59*** 59. Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)"

***3:154*** 154. Kemudian setelah kamu berdukacita, Allah menurunkan kepada kamu keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan dari pada kamu [241], sedang segolongan lagi [242] telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri, mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliyah [243]. Mereka berkata: "Apakah ada bagi kita barang sesuatu (ha…

Penguatan Ekonomi Rakyat melalui Zakat (eBook)

Dalam komunitas global kita mengenal ekonomi kapitalis dan sosialis. Ekonomi kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi barang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya. Sedangkan ekonomi sosialis adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.

Komunitas domestik juga mengenal beberapa istilah ekonomi, seperti ekonomi gotong-royong dan sebagainya. Namun sesungguhnya, sejak jaman Rosulullah, Islam telah mengenalkan sistem ekonomi, yang mana pondasinya telah dibentuk melalui syariat zakat. 

eBook ini tidak menjelaskan sistem ekonomi, namun terbatas pada dasar-dasar syariat zakat yang mempunyai potensi dikembangkan menjadi pilar-pilar ekonomi rakyat. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Download di link berikut, GRATIS

Penguatan Ekonomi Rakyat …