Langsung ke konten utama

Rumah Mewah Tidak Berarti Daya Beli Tinggi

Ada gula ada semut. Semut selalu mencari barang-barang manis. Begitulah adanya.

Begitu juga para penjual. Mereka selalu mencari prospek yang manis. Prospek manis identik dengan banyak uang. Banyak uang sering identik dengan rumah mewah.

Maka wajar jika penjual selalu mendatangi rumah-rumah mewah. Jika rumah anda mewah, jangan kaget kalau menjadi ladang kunjungan para penjual.

Pandangan bahwa rumah mewah selalu banyak uang tidak sepenuhnya salah, tapi juga tidak selalu benar. Sesuai pengalaman saya di lapangan, semakin hari kesimpulan tersebut semakin tidak valid. Apalagi di kota besar seperti Jakarta, makin banyak saja saya dapatkan rumah mewah yang tidak punya uang.

Boleh jadi, rumah mewah tersebut banyak uang, tapi daya belinya rendah. Atau boleh jadi daya beli tinggi, tapi kebutuhan hidupnya sudah tidak berkembang.

Kenapa demikian? Ada beberapa alasan, antara lain seperti berikut. Rumah hanya menjadi obyek investasi jangka panjang. Penghuni adalah pensiunan. Penghuni adalah penjaga, karena pemiliknya tinggal di luar kota atau luar negeri. Dan masih banyak lagi.

Jika tipe rumah tidak mewakili daya beli, bagaimana mengidentifikasi prospek di lapangan? Jawabannya adalah belanja rutin atau spending.

Berikut beberapa petunjuk untuk mengenali spending prospek.

1. Jenis kendaraan

Kendaraan, baik motor atau mobil, selalu butuh biaya operasional. Setiap hari kendaraan butuh bensin, setiap tiga bulan butuh oli dan tune-up, setiap tahun butuh pajak dan seterusnya. Motor butuh bensin, ali dan pajak lebih murah. Sebaliknya mobil butuh ongkos lebih mahal. Mobil mewah tentu lebih bosor ongkosnya.

Motor, apalagi mobil, selalu di parkir di depan rumah, karenanya mengidentifikasi jenis kendaraan adalah cara paling mudah untuk mengetahui daya beli prospek.

2. Daya listrik.

Seluruh perangkat di rumah selalu butuh listrik. Dari mulai lampu penerangan, rice cooker, setrika, kulkas, air conditioner dan seterusnya. Semakin banyak perangkat yang dimiliki, tentu daya listrik semakin besar. Semakin besar daya listrik, tentu tagihan yang harus di bayar ke PLN semakin besar. Jadi jelas, daya listrik berhubungan dengan daya beli prospek.

Meter listrik pada umumnya di pasang di depan rumah, sehingga bisa kita baca. Namun tentunya dengan teknis khusus. Tidak mungkin penjual tiba-tiba masuk pagar dan melihat meter listrik. Daya listrik bisa membantu identifikasi daya beli, meskipun tidak semudah jenis kendaraan.

3. Air Conditioner (AC), Televisi Berbayar, Jaringan Telepon.

AC mengkonsumsi listrik dalam jumlah besar. Sehingga rumah yang memakai AC, apalagi dalam jumlah banyak, pasti punya kemampuan bayar listrik bulanan lebih tinggi.

Televisi berbayar dan telepon masing-masing juga butuh biaya bulanan yang cukup besar. Sehingga pemiliknya pasti punya kemampuan bayar bulanan yang cukup bagus.

Blower AC biasanya ditaruh di dinding luar, mungkin sisi depan atau sisi samping. Sehingga bisa kita lihat dari luar pagar. Setiap AC memiliki satu blower, sehingga kita bisa tahu berapa jumlah AC yang dimiliki rumah tersebut.

Pada umumnya televisi berbayar memakai antena piring yang di pasang di atap atau genteng. Sehingga penjual bisa melihatnya dari luar pagar.

Begitu juga jaringan telepon, selalu ditarik dari tiang di luar rumah. Sehingga penjual bisa mengetahuinya apakah rumah tersebut memiliki telepon atau tidak.

Dengan demikian mengidentifikasi kepemilikan AC, televisi berbayar dan telepon adalah usaha yang cukup mudah bagi penjual. Ketiganya mengidikasikan daya beli pemiliknya.

4. Belanja lainnya.

Banyak hal yang bisa diidentifikasi untuk mengetahui spending dan daya beli prospek. Namun tentunya tidak semudah tiga hal di atas. Namun demikian, akan sangat baik jika penjual bisa melakukannya.

Diantaranya adalah belanja rutin bulanan ke Giant atau Hypermart, pemakaian kartu kredit, sekolah anak-anak, dan lain sebagainya.

Semakin tahu spending prospek, semakin mudah kita menjual produk. semoga sukses.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The 360 Leader - John C Maxwell

Hampir semua pemimpin memiliki pimpinan yang lebih tinggi. Bolehlah dibilang, tidak ada pemimpin yang tidak memiliki pemimpin diatasnya. Karenanya, buku The 360 Leader karangan John C. Maxwell ini sejatinya adalah untuk semua pemimpin, bukan hanya untuk para manajer yang selalu berada di bawah para pemilik perusahaan. Pun demikian, penjelasan buku ini memang lebih difokuskan kepada para manajer, senior manajer dan para pemimpin sejenis dalam perusahaan yang berada di bawah kepemimpinan orang-orang di atasnya. Buku setebal 400 halaman ini mengawali penjelasanya dengan 7 mitos tentang memimpin dari bagian tengah. Berikutnya menjelaskan tantangan yang dihadapi pemimpin 360 Derajat. Pada bagian ketiga dijelaskan bagaimana memimpin ke atas. Bagian keempat dan kelima menjelaskan praktik memimpin ke samping dan ke bawah. Pada bagian akhir dijelaskan nilai-nilai pemimpin 360 Derajat. Prinsip utama dari kepemimpinan 360 derajat adalah bahwa pemimpin bukanlah posisi, melainkan pe

WIMAX KANDIDAT JARINGAN 4G

Pada awal tahun 2000-an, bahkan sampai dengan saat ini kita sudah sangat familiar dengan teknologi Wi-Fi, diantaranya adalah wireless yang kita gunakan sehari-hari di Laptop. Teknologi Wi-Fi di Laptop ini merupakan implementasi dari standar IEEE 802.11x, yang sebenarnya telah mengalami perkembangan dari mulai 802.11a, 802.11b sampai 802.11g. Perkembangan tersebut menghasilkan kecepatan dan jangkauan yang lebih baik, spektrum frekuensi yang lebih efisien dan sebagainya. Teknologi Worldwide Interoperability for Microwave Access (Wimax) merupakan implementasi standar IEEE 802.16x, yang notabene adalah pengembangan dari teknologi Wi-FI dengan standar IEEE 802.11. Wimax dikembangkan oleh Wimax Forum yang dimotori lebih dari 400 vendor global seperti Intel, Siemens, ZTE, Nokia dan lainnya. Secara umum kita mengenal dua jenis Wimax, yaitu Wimax untuk jaringan tetap atau disebut Fixed Wimax, dan Wimax untuk jaringan bergerak atau sering disebut Mobile Wimax. Teknologi Fixed Wimax mampu menduk

Liburan Keluarga di Kuala Lumpur

Masjid Putra Kunjungan Kuala Lumpur kali ini merupakan yang ke sekian kalinya, tapi menjadi yang pertama kali untuk liburan keluarga. Liburan keluarga selalu mendapatkan pengalaman yang berbeda dibandingkan liburan bersama teman kantor, apalagi jika dibandingkan dengan perjalanan dinas. Seperti biasanya, kami memilih untuk ''berjalan sendiri", tanpa bantuan agen travel atau pun guide lokal. Otomatis, saya akan menjadi EO sekaligus guide-nya. Kami sudah pesan tiket jauh hari, agar keluarga merasa nyaman dan tentu saja agar harga tiket lebih miring. Kami mendapat tiket Malaysia Airline PP sekitar 1,7 juta rupiah, karena berdekatan dengan liburan Natal. Jika waktu kunjungan jauh dari liburan bersama, mungkin bisa mendapatkan tiket lebih hemat. Untuk akomodasi, kami pilih tengah kota, agar mudah jalan kaki kemana pun, dan tentu saja dekat dengan Petronas Twin Tower. Tidak usah kawatir harga mahal, buktinya saya mendapatkan hotel butik yang sangat nyaman, denga