Skip to main content

Kepemimpinan Autentik, Keberanian untuk Bertindak - Book Review

Judul asli buku ini Authentic Leadership, karangan Robert W. Terry. Dipublikasikan oleh Josey-Bass Inc tahun 2002 selanjutnya dialihbahasakan oleh Ir. Hari Suminto dengan terbitan Interaksara.

Buku ini bersifat teoritis, karenanya sangat baik untuk para peneliti, dosen, kajian di kampus dan sejenisnya. Buku ini kurang tepat untuk para praktisi atau para pemimpin yang menghendaki panduan praktis.

Buku setebal 412 halaman ini terbagi menjadi lima bagian besar. Yaitu enam pandangan tentang kepemimpinan, model kepemimpinan, aspek utama kepemimpinan, pandangan ketujuh dan terakhir, sumber kepemimpinan.

Pada bagian pertama penulis menyebutkan enam pandangan umum kepemimpinan, meliputi tiga pandangan tradisional dan tiga pandangan provokatif. Tiga pandangan tradisional adalah kepemimpinan pribadi, kepemimpinan tim dan kepemimpinan fungsional atau posisional.

Sedangkan tiga pandangan provokatif adalah kepemimpinan politis, kepemimpinan visioner, dan kepemimpinan etis.

Pada bagian kedua penulis menjelaskan tentang terminologi Roda Tindakan. Penjelasan bab ini sangat teoritis. Lebih lanjut penulis menegaskan bahwa kepemimpinan otentik bilamana memenuhi kriteria 7 C.

Pada bagian berikutnya penulis menghubungkan teori Roda Tindakan dengan tiga pandangan provokatif yang telah disebutkan sebelumnya.

Pada bagian keempat penulis mengusung pandangan ketujuh tentang kepemimpinan, yaitu keberanian. Penulis juga menjelaskan terperinci pengertian keberanian. Bahkan penulis menghubungkan sifat keberanian ini dengan spiritualitas.

Pesan utama yang saya tangkap dari buku ini adalah, bahwa pemimpin perlu memiliki keberanian untuk melakukan tindakan otentik, yaitu yang memenuhi kriteria 7 C. Selebihnya buku ini menjelaskan teori-teori untuk landasan kajian lanjutan.

Kepada para peneliti dan pendidik tentang kepemimpinan, sangat disarankan untuk membaca buku ini. Selamat membaca.

Comments

Popular posts from this blog

Ayat-Ayat Al-Quran Tentang TAKDIR

***57:22*** 22. Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

***6:59*** 59. Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)"

***3:154*** 154. Kemudian setelah kamu berdukacita, Allah menurunkan kepada kamu keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan dari pada kamu [241], sedang segolongan lagi [242] telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri, mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliyah [243]. Mereka berkata: "Apakah ada bagi kita barang sesuatu (ha…

Penguatan Ekonomi Rakyat melalui Zakat (eBook)

Dalam komunitas global kita mengenal ekonomi kapitalis dan sosialis. Ekonomi kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi barang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya. Sedangkan ekonomi sosialis adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.

Komunitas domestik juga mengenal beberapa istilah ekonomi, seperti ekonomi gotong-royong dan sebagainya. Namun sesungguhnya, sejak jaman Rosulullah, Islam telah mengenalkan sistem ekonomi, yang mana pondasinya telah dibentuk melalui syariat zakat. 

eBook ini tidak menjelaskan sistem ekonomi, namun terbatas pada dasar-dasar syariat zakat yang mempunyai potensi dikembangkan menjadi pilar-pilar ekonomi rakyat. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Download di link berikut, GRATIS

Penguatan Ekonomi Rakyat …