Langsung ke konten utama

Pulau Tidung yang Unik

Pulau Tidung memang bukan destinasi waaah yang berkelas. Tidung lebih pas disebut sebagai tempat wisata rakyat.  Namun demikian, Pulau Tidung menjanjikan keunikan yang mengesankan, paling tidak untuk orang Jakarta yang selalu berwisata di Puncak, Garut, Singapura dan sejenisnya.

Pulau Tidung adalah pulau kecil berbentuk mirip daun pisang dengan luas sekitar 60 hektare. Panjang pulau sekitar 5 kilo meter dengan lebar antara 200 sampai 500 meter. Jalan utama membentang sepanjang pulau, dan beberapa jalan pendek berjejer di kanan dan kirinya.

Jangan bayangkan jalan aspal lebar seperti di Jawa. Lebar jalan di Tidung hanya 1,5 - 2,5 meter. Seluruhnya menggunakan kon-blok. Tidak ada aspal di sini, apalagi hotmix.

Jalan kecil memang pas dengan suasana Tidung. Karena di Pulau ini tidak ada mobil. Alat bantu jalan yang ada hanya sepeda motor dan ontel. Sepeda motor biasanya dipakai warga lokal, ontel menjadi tunggangan para wisatawan. Hampir setiap rumah selalu dihiasi banyak sepeda ontel yang parkir di halaman depan. Wisatawan bebas memakainya sesuka hati, gratis.

Satu lagi alat transport yang unik, yaitu Bentor atau becak montor. Adalah becak yang didorong oleh sepeda motor yang telah dipotong bagian depannya. Bencor manjadi alternatif transportasi wisatawan selain sepeda ontel.

Pulau Tidung dihuni oleh ratusan rumah tangga. Ukuran rumah relatif sama, berkisar tipe 75 - 150 meter persegi. Biasanya dibangun dengan batako, dengan bentuk seperti kebanyakan rumah tembok di kampung.

Jangan berpikir hotel berbintang di Tidung. Pada hari Sabtu dan Minggu hampir semua rumah bisa disewa sebagai home stay. Anda akan tinggal di perumahan warga yang dikosongkan di hari libur. Namun anda bisa juga mendapatkan beberapa losmen sederhana yang berjejer di sepanjang pantai. Harga sewa rumah berkisar 250 ribu sampai 1 juta untuk sehari semalam.

Pulau Tidung adalah sebuah kecamatan dengan sebutan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Sebagai kecamatan, fasilitas warga cukup memadai. Ada puskesmas, sekolah dasar dan menengah, kantor polisi, lapangan sepak bola dan voli, gedung serba guna dan tentu saja kantor keluruhan maupun kecamatan.


Destinasi Wisata

Sebagai pulau kecil di tengah samudra, sudah tentu Tidung menawarkan aneka laut dan pantai. Sekeliling tidung merupakan pantai yang cukup indah. Paling tidak ada lima venue yang dipersiapkan Tidung untuk para pelancong.

Dua di sisi barat, berupa pantai kosong dengan beberapa gazebo untuk relaxasi. Biasanya pantai ini dinikmati ketika sore disaat matahari terbenam. Warna-warni matahari menjelang ketidurannya cukup nyaman disaksikan.

Di bagian tengah juga ada dua. Sisi selatan adalah pelabuhan keberangkatan dan kedatangan. Sisi utara adalah tempat kapal-kapal kayu kecil yang siap membawa pelancong menikmati panorama di tengah laut. Mereka menjual panorama karang laut yang cukup indah. Kita bisa menikmatinya sembari snorkling atau diving.

Di ujung timur adalah pantai kebanggan Tidung. Pantai inilah yang menjadi jualan utama Pulau Tidung. Namanya Pantai Pulau Tidung. Keindahan pantai ini cukup menjadi pertimbangan warga Jakarta untuk datang ke Tidung.

Hamparan pasir putih ada di sepanjang pantai ini. Beberapa gazebo sudah tersedia di beberapa titik pantai. Pengelola juga menyiapkan banana boat, jet ski, sepeda bebek, dan sejenisnya. Untuk menikmati

mainan ini, pengelola mematok tarif 20 - 50 ribu per orang.

Yang berbeda di pantai ini adalah Jembatan Cinta. Adalah jembatan dengan panjang lebih dari 500 meter menghubungkan Pulau Tidung dengan pulau kecil di sebelah timur, yaitu Pulau Tidung Kecil. Jembatan dengan lebar dua meteran ini hanya bisa dilewati dengan jalan kaki. Sesuai dengan namanya, pastinya jembatan ini menjadi tempat pavorit untuk remaja ABG.


Menuju Pulau Tidung

Warga Jakarta bisa mengunjungi Pulau Tidung dengan angkutan kapal. Tersedia kapal ekonomi dengan tarif 30 ribuan, kapal ber-AC dengan tarif seratus ribuan dan kapal cepat bertarif sekitar 250 ribuan.

Kapal ekonomi berangkat dari Pelabuhan Muara Karang, sedangkan kapal-kapal yang lebih mahal biasanya berangkat dari Marina Ancol.

Jika anda memutuskan pakai kapal ekonomi, anda perlu pengkondisian. Kapal ini tidak punya kursi, seluruh penumpang duduk pakai tikar. Karena banyaknya penumpang, situasi berdesakan mirip bis Kopaja di waktu sore.

Hampir semua kapal berangkat dari Jakarta pada pagi hari, sekitar pukul 7 sampai 8. Demikian juga dengan jadwal pulang, kapal berangkat dari Tidung dari pukul 7 sampai 10. Perjalanan sekitar 2,5 - 3,0 jam, jika anda pakai kapal ekonomi. Untuk kapal yang lebih mahal tentu saja lebih cepat.

Anda yang tidak mau repot, bisa kontak ke beberapa travel. Mereka sudah menyiapkan paket-paket tur baik kelas ekonomi maupun yang lebih mahal. Tarif paket mulai dari 300 ribuan per orang untuk sehari semalam. Silahkan klik travel www.tidungsantai.com, www.tidungenjoy.com atau search Google dengan kata Pulau Tidung.

Selamat menikmati Tidung, Pulau Kecil yang Unik. Semoga menyenangkan.
Suasana Pelabuhan Muara Karang

Kecamatan Tidung

Snorkling & Diving


Jembatan Cinta
Bentor
Suasana Kampung
Angkutan Untuk Wisata
Peta Wisata

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The 360 Leader - John C Maxwell

Hampir semua pemimpin memiliki pimpinan yang lebih tinggi. Bolehlah dibilang, tidak ada pemimpin yang tidak memiliki pemimpin diatasnya. Karenanya, buku The 360 Leader karangan John C. Maxwell ini sejatinya adalah untuk semua pemimpin, bukan hanya untuk para manajer yang selalu berada di bawah para pemilik perusahaan. Pun demikian, penjelasan buku ini memang lebih difokuskan kepada para manajer, senior manajer dan para pemimpin sejenis dalam perusahaan yang berada di bawah kepemimpinan orang-orang di atasnya. Buku setebal 400 halaman ini mengawali penjelasanya dengan 7 mitos tentang memimpin dari bagian tengah. Berikutnya menjelaskan tantangan yang dihadapi pemimpin 360 Derajat. Pada bagian ketiga dijelaskan bagaimana memimpin ke atas. Bagian keempat dan kelima menjelaskan praktik memimpin ke samping dan ke bawah. Pada bagian akhir dijelaskan nilai-nilai pemimpin 360 Derajat. Prinsip utama dari kepemimpinan 360 derajat adalah bahwa pemimpin bukanlah posisi, melainkan pe

WIMAX KANDIDAT JARINGAN 4G

Pada awal tahun 2000-an, bahkan sampai dengan saat ini kita sudah sangat familiar dengan teknologi Wi-Fi, diantaranya adalah wireless yang kita gunakan sehari-hari di Laptop. Teknologi Wi-Fi di Laptop ini merupakan implementasi dari standar IEEE 802.11x, yang sebenarnya telah mengalami perkembangan dari mulai 802.11a, 802.11b sampai 802.11g. Perkembangan tersebut menghasilkan kecepatan dan jangkauan yang lebih baik, spektrum frekuensi yang lebih efisien dan sebagainya. Teknologi Worldwide Interoperability for Microwave Access (Wimax) merupakan implementasi standar IEEE 802.16x, yang notabene adalah pengembangan dari teknologi Wi-FI dengan standar IEEE 802.11. Wimax dikembangkan oleh Wimax Forum yang dimotori lebih dari 400 vendor global seperti Intel, Siemens, ZTE, Nokia dan lainnya. Secara umum kita mengenal dua jenis Wimax, yaitu Wimax untuk jaringan tetap atau disebut Fixed Wimax, dan Wimax untuk jaringan bergerak atau sering disebut Mobile Wimax. Teknologi Fixed Wimax mampu menduk

Liburan Keluarga di Kuala Lumpur

Masjid Putra Kunjungan Kuala Lumpur kali ini merupakan yang ke sekian kalinya, tapi menjadi yang pertama kali untuk liburan keluarga. Liburan keluarga selalu mendapatkan pengalaman yang berbeda dibandingkan liburan bersama teman kantor, apalagi jika dibandingkan dengan perjalanan dinas. Seperti biasanya, kami memilih untuk ''berjalan sendiri", tanpa bantuan agen travel atau pun guide lokal. Otomatis, saya akan menjadi EO sekaligus guide-nya. Kami sudah pesan tiket jauh hari, agar keluarga merasa nyaman dan tentu saja agar harga tiket lebih miring. Kami mendapat tiket Malaysia Airline PP sekitar 1,7 juta rupiah, karena berdekatan dengan liburan Natal. Jika waktu kunjungan jauh dari liburan bersama, mungkin bisa mendapatkan tiket lebih hemat. Untuk akomodasi, kami pilih tengah kota, agar mudah jalan kaki kemana pun, dan tentu saja dekat dengan Petronas Twin Tower. Tidak usah kawatir harga mahal, buktinya saya mendapatkan hotel butik yang sangat nyaman, denga