Langsung ke konten utama

Independent Living with Smart Home




“Keluargamu nampak bahagia sekali menikmati liburan di sini, kenapa buru-buru pulang?”, Tanya seorang teman yang sedang berlibur bersama pada tahun baru lalu. “Saya nggak nyaman ninggalin rumah kosong terlalu lama”,  Jawabku waktu itu.

Kondisi galau semacam itu pasti sering kita rasakan. Lebih-lebih ketika mudik lebaran atau libur sekolah. Rumah harus ditinggal lama ketika mudik dan liburan. Tambah galau lagi jika ternyata pembantu ikut mudik juga.

Tidak hanya di masa liburan, mungkin saja setiap hari kita butuh memantau rumah.  Mungkin karena suami istri harus di kantor sementara anak-anak tinggal di rumah. Atau mungkin saja kita butuh memantau rumah orang tua di kampung yang sudah lansia. Mungkin juga kita ingin mengetahui kondisi toko, dan masih banyak lagi.


Definisi

Definisi smart home berbeda-beda, tergantung sudut pandang masing-masing. Nicola King, dari Intertek Research & Testing Center mendefinisikan smart home sebagai sebuah hunian yang dilengkapi dengan jaringan komunikasi yang menghubungkan berbagai layanan dan peralatan elektronik, dan memungkinkan untuk dipantau, diakses dan dikendalikan dari jarak jauh.

Smart home tidak hanya memberikan rasa aman seperti contoh di atas, namun juga menjamin kemudahan dan kenyamanan.  Karena selain keamanan, desain smart home harus mampu mengelola temperatur, hiburan, penerangan dan lingkungan. Smart home juga harus mampu melaporkan status dari semua sistem rumah, berinteraksi dan mengontrolnya melalui suatu antarmuka yang mudah digunakan, contohnya smartphone.

Dengan smart home, seseorang yang berada di luar kota bisa mengendalikan hampir semua bagian rumah, cukup melalui ponselnya saja. Memastikan kulkas tetap hidup, memastikan peralatan home theatre pada kondisi mati, kamera pengawas tetap aktif, mobil masih parkir di garasi, menyalakan lampu dan mematikannya di pagi hari, bahkan membuka jendela dan gordin di pagi dan menutupnya kembali di sore hari.


Manfaat dan Keuntungan

Rumah dengan desain smart home tentu membutuhkan biaya lebih. Untuk itu desain smart home harus mampu memberi manfaat kepada pemilik rumah. Berikut beberapa manfaat atau keuntungan rumah dengan desain smart home.

Pertama, desain smart home diyakini meningkatkan nilai dan harga jual rumah. Smartcube-ksa.com melaporkan bahwa rumah dengan konsep smart home bernilai sekitar 25 persen lebih tinggi.

Kedua, menghemat energi dan uang khususnya untuk tagihan listrik, karena penerangan dapat dikelola secara tepat guna.

Ketiga, memberi kenyamanan bagi penghuni rumah, karena semuanya dapat dikontrol dengan sentuhan tombol dari tempat tidur atau bahkan dari luar kota.

Keempat, membebaskan penghuni rumah dari melakukan tugas-tugas rutin seperti menyalakan dan mematikan lampu, memastikan semua pintu masuk telah terkunci sebelum tidur.

Kelima, menjamin keamaan yang handal, melindungi kehidupan dan barang berharga terhadap resiko pencurian baik di saat rumah ditempati atau kosong.


Perkembangan dan Nilai Pasar

Konsep smart home, smart house atau home automation telah muncul sejak era 1900-an. Tahun 1966 telah diterbitkan konsep otomatisasi rumah yang disebut Echo  IV. Istilah smart house diciptakan pertama kali tahun 1984 oleh American Association of Housebuilders. Berikutnya pada tahun 1994 Norwegia memulai proyek BESTA, yaitu pemanfaatan teknologi smart home untuk perumahan lansia.

Meskipun konsep smart home sudah berumur puluhan tahun, namun sampai tahun 2000-an lalu belum juga populer. Perkembangan smart home mulai semarak pada dekade terakhir. Hal ini ditandai munculnya banyak pebisnis yang fokus menyediakan perangkat smart home. Diantaranya adalah Smartcube, Smarthome, dan Smarthomeusa.

Jumlah rumah di Amerika yang memiliki sensor terkoneksi jaringan diperkirakan 4 persen dan akan naik menjadi 16 persen pada tahun 2015. Jumlah rumah yang memiliki manajemen energi sebanyak 2 persen dan akan tumbuh menjadi 13 persen. Sedangkan jumlah rumah yang memiliki kamera pengawas sebanyak 18 persen dan akan tumbuh menjadi 20 persen.

Lembaga riset ABI menghitung nilai pasar smart home pada tahun 2010 sebesar USD 8 miliar. Angka tersebut termasuk seluruh perangkat yang terkait dengan smart home, seperti smart meter, manajemen energy dan home automation. Pada tahun 2016 diperkirakan nilainya akan tumbuh menjadi USD44 miliar.


Peran Industri Telko

Lambatnya perkembangan smart home tidak lepas dari minimnya protokol integrator yang tersedia dan nilai investasi yang relatif masih tinggi. Namun yang lebih penting dari kedua hal tersebut adalah tersedianya antar muka yang mudah, nyaman, dan bisa digunakan dari mana pun.

Industri telko memberi solusi terhadap masalah terakhir. Dengan dukungan industri telko, sistem smart home dapat dikendalikan dari mana pun dengan cara yang sangat mudah dan nyaman. Broadband, gadget dan aplikasi adalah persembahan industri telko yang diyakini bakal memacu perkembangan smart home.

Menyikapi perkembangan tersebut, GSMA telah berinisiatif membentuk proyek yang didedikasikan untuk pertumbuhan smart home. Proyek tersebut dimaksudkan untuk mendorong kolaborasi antar organisasi dan instansi terkait, khususnya pada bidang regulasi, standarisasi, riset dan teknologi.

Teknologi broadband semakin hari semakin cepat, handal dan murah. Telkom menyediakan ADSL fixed line dengan kecepatan 384 kbps sampai puluhan mega. Telkomsel dan operator lain menyediakan 3G dengan kecepatan hingga 14 Mbps. Paket internet dijual dengan harga terjangkau, dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah per bulan. Dalam waktu dekat bakal muncul LTE yang menjanjikan kecepatan sampai 100 Mbps.

Pada lima tahun terakhir, berbagai tablet dan smartphone telah muncul di pasaran dengan berbagai kualitas dan harga. Demikian juga dengan application store, juga tumbuh seperti jamur, begitu mudah diunduh dan digunakan.

Dengan perkembangan industry telko yang begitu pesat, khususnya broadband, gadget dan aplikasi, diyakini smart home bakal semakin diterima oleh masyarakat luas. Pada saatnya nanti, konsep smart home bakal menjadi standar untuk seluruh rumah yang dibangun di tanah air. Kapan saatnya tiba? Semoga tidak lama.

Komentar

  1. artikel ini telah dimuat Majalah INTIMATE edisi Januari 2013. Klik versi pdf berikut ini:

    http://dl.dropbox.com/u/55331858/article/publish/130100_intimate_independent_living_with_smart_home.pdf

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

The 360 Leader - John C Maxwell

Hampir semua pemimpin memiliki pimpinan yang lebih tinggi. Bolehlah dibilang, tidak ada pemimpin yang tidak memiliki pemimpin diatasnya. Karenanya, buku The 360 Leader karangan John C. Maxwell ini sejatinya adalah untuk semua pemimpin, bukan hanya untuk para manajer yang selalu berada di bawah para pemilik perusahaan. Pun demikian, penjelasan buku ini memang lebih difokuskan kepada para manajer, senior manajer dan para pemimpin sejenis dalam perusahaan yang berada di bawah kepemimpinan orang-orang di atasnya. Buku setebal 400 halaman ini mengawali penjelasanya dengan 7 mitos tentang memimpin dari bagian tengah. Berikutnya menjelaskan tantangan yang dihadapi pemimpin 360 Derajat. Pada bagian ketiga dijelaskan bagaimana memimpin ke atas. Bagian keempat dan kelima menjelaskan praktik memimpin ke samping dan ke bawah. Pada bagian akhir dijelaskan nilai-nilai pemimpin 360 Derajat. Prinsip utama dari kepemimpinan 360 derajat adalah bahwa pemimpin bukanlah posisi, melainkan pe

WIMAX KANDIDAT JARINGAN 4G

Pada awal tahun 2000-an, bahkan sampai dengan saat ini kita sudah sangat familiar dengan teknologi Wi-Fi, diantaranya adalah wireless yang kita gunakan sehari-hari di Laptop. Teknologi Wi-Fi di Laptop ini merupakan implementasi dari standar IEEE 802.11x, yang sebenarnya telah mengalami perkembangan dari mulai 802.11a, 802.11b sampai 802.11g. Perkembangan tersebut menghasilkan kecepatan dan jangkauan yang lebih baik, spektrum frekuensi yang lebih efisien dan sebagainya. Teknologi Worldwide Interoperability for Microwave Access (Wimax) merupakan implementasi standar IEEE 802.16x, yang notabene adalah pengembangan dari teknologi Wi-FI dengan standar IEEE 802.11. Wimax dikembangkan oleh Wimax Forum yang dimotori lebih dari 400 vendor global seperti Intel, Siemens, ZTE, Nokia dan lainnya. Secara umum kita mengenal dua jenis Wimax, yaitu Wimax untuk jaringan tetap atau disebut Fixed Wimax, dan Wimax untuk jaringan bergerak atau sering disebut Mobile Wimax. Teknologi Fixed Wimax mampu menduk

Liburan Keluarga di Kuala Lumpur

Masjid Putra Kunjungan Kuala Lumpur kali ini merupakan yang ke sekian kalinya, tapi menjadi yang pertama kali untuk liburan keluarga. Liburan keluarga selalu mendapatkan pengalaman yang berbeda dibandingkan liburan bersama teman kantor, apalagi jika dibandingkan dengan perjalanan dinas. Seperti biasanya, kami memilih untuk ''berjalan sendiri", tanpa bantuan agen travel atau pun guide lokal. Otomatis, saya akan menjadi EO sekaligus guide-nya. Kami sudah pesan tiket jauh hari, agar keluarga merasa nyaman dan tentu saja agar harga tiket lebih miring. Kami mendapat tiket Malaysia Airline PP sekitar 1,7 juta rupiah, karena berdekatan dengan liburan Natal. Jika waktu kunjungan jauh dari liburan bersama, mungkin bisa mendapatkan tiket lebih hemat. Untuk akomodasi, kami pilih tengah kota, agar mudah jalan kaki kemana pun, dan tentu saja dekat dengan Petronas Twin Tower. Tidak usah kawatir harga mahal, buktinya saya mendapatkan hotel butik yang sangat nyaman, denga