Skip to main content

CommunicAsia 2012

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap bulan Juni Singapura menggelar pameran ICT dengan sebutan CommunicAsia. Tahun ini merupakan gelaran yang ke-23. Pameran ICT terbesar di Asia ini diselenggarakan di Marina Bay Sands mulai tanggal 19 sampai 22 Juni 2012.

CommunicAsia 2012 diikuti lebih dari 1.300 peserta dan 11 negara yang berada di paviliun termasuk Indonesia. Menampilkan teknologi ICT terbaru seperti LTE, WiMAX, FTTx, NFC, mobile Commerce, cloud computing, eGoverment dan masih banyak lagi.

Pameran CommunicAsia selalu diselenggarkan bersama dengan EnterpriseIT dan BroadcastAsia. Karenanya pameran ini terkesan lengkap, luas, mewah dan ramai pengunjung. Jumlah pengunjung diperkirakan lebih dari 40.000 yang datang dari seluruh dunia.

CommunicAsia sangat berbeda dengan dengan pameran sejenis di Indonesia. Ajang ini dimanfaatkan peserta untuk meluncurkan produk baru, edukasi produk, pemaparan produk masa depan, dan sejenisnya. Ajang ini juga kental dengan konferensi dan transaksi bisnis antar korporasi.

Sedangkan pameran ICT di Indonesia boleh dibilang bergaya bazar, pasar atau sejenisnya. Peserta berupaya memaksimalkan nilai penjualan langsung kepada pengunjung konsumer. Karenanya tidak heran jika kita menyaksikan program banting harga dan antrian yang mengular di berbagai stand peserta.

Yang nampak berbeda pada ajang kali ini adalah semakin dominannya hospitality suites. Yaitu ruangan yang di booking khusus oleh peserta untuk berbagai program yang mereka kehendaki seperti presentasi bisnis, transaksi bisnis dan sejenisnya. Hospitality suites menempati hampir satu lantai penuh, dari empat lantai yang dipakai oleh ajang ini.

Isu dominan yang muncul kali ini antara mobile broadband, mobile commerce, cloud computing dan model bisnis masa depan. Sejalan dengan isu tersebut, teknologi yang banyak menjadi sorotan antara lain LTE, NFC, FTTx dan IPTv. Isu eGoverment dan SmartCity belum terasa dominan pada ajang kali ini.

Secara keseluruhan, nampaknya CommunicAsia tahun ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya, khususnya karena muncul hospitality suites yang sangat dominan. Apakah kemunculan hospitality suites akan semakin dominan dan merubah format CommunicAsia tahun depan? Kita tunggu saja setahun lagi, pada CommunicAsia 2013.

Comments

Popular posts from this blog

Ayat-Ayat Al-Quran Tentang TAKDIR

***57:22*** 22. Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

***6:59*** 59. Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)"

***3:154*** 154. Kemudian setelah kamu berdukacita, Allah menurunkan kepada kamu keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan dari pada kamu [241], sedang segolongan lagi [242] telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri, mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliyah [243]. Mereka berkata: "Apakah ada bagi kita barang sesuatu (ha…

Penguatan Ekonomi Rakyat melalui Zakat (eBook)

Dalam komunitas global kita mengenal ekonomi kapitalis dan sosialis. Ekonomi kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi barang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya. Sedangkan ekonomi sosialis adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.

Komunitas domestik juga mengenal beberapa istilah ekonomi, seperti ekonomi gotong-royong dan sebagainya. Namun sesungguhnya, sejak jaman Rosulullah, Islam telah mengenalkan sistem ekonomi, yang mana pondasinya telah dibentuk melalui syariat zakat. 

eBook ini tidak menjelaskan sistem ekonomi, namun terbatas pada dasar-dasar syariat zakat yang mempunyai potensi dikembangkan menjadi pilar-pilar ekonomi rakyat. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Download di link berikut, GRATIS

Penguatan Ekonomi Rakyat …