Skip to main content

Lift Taipei 101 Tercepat Sedunia

"Lift Taipei 101 masih yang tercepat di dunia, sedangkan ketinggian gedung sudah dikalahkan Al Burj Dubai" demikian penjelasan tour guide, Jeani.


Hari ini (2/4) rombongan kami yang beranggota 33 orang berkesempatan mengunjungi gedung Taipei 101. Taipei 101 terletak di Hsin Yi District pusat kota Taipei. Gedung kebanggan rakyat Taiwan ini merupakan salah satu daya tarik utama bagi para turis.


Disebut Taipei 101 karena memiliki 101 lantai. Ketinggiannya mencapai 509 m, menjadi gedung tertinggi di dunia sejak 2004 sampai 2010. Rekor ketinggian ini dipecahkan oleh gedung the Burj Khalifa di Dubai.


Selain rekor ketinggian, Taipei 101 juga punya rekor kecepatan lift. Kabarnya rekor ini belum terkalahkan hingga saat ini. Kami sempat mencatat waktu selama naik dan turun menggunakan lift. Dari lantai 5 menuju lantai 89 dengan ketinggian 388 meter, tercatat 39 detik. Sedangkan saat turun dari lantai 88 menuju lantai 5 tercatat 42 detik.


Sebenarnya Taipei 101 merupakan gedung keuangan. Sebagian besar ruangannya di pakai oleh organisasi dan institusi keuangan Taiwan. Lantai 1 sampai 5 digunakan sebagai shopping mall kelas atas. Untuk para pelancong dibuka lantai 88, 89 dan 91. Lantai 89 adalah observasi tertutup, lantai 91 observasi terbuka dan 88 wind damper.


Wind damper adalah alat penahan guncangan angin, untuk mengantisipasi topan atau gempa yang sering terjadi di Taiwan. Alat ini berbentuk bola baja besar berwarna kuning, yang digantung oleh empat kawat ukuran raksasa dan disangga oleh beberapa lengan besi mirip shokbreaker motor.


Di lantai observasi pengunjung dapat melihat keindahan kota Taipei 360 derajat. Bentuknya mirip ruang atas Monas Jakarta, tapi lebih besar, indah dan lebih nyaman tentunya. Di sini pengunjung punya kesempatan untuk berfoto dengan latar kemegahan kota Taipei. Bagi pelancong yang suka cari cinderamata, silahkan beli di toko-toko yang tersedia di lantai ini.


Dengan tiket masuk 350 NT (1 NT senilai Rp 325), Taipei 101 merupakan destinasi yang memuaskan dan sayang untuk dilewatkan. Jika anda ingin ke Taipei, jangan lupa singgah dan nikmati ketinggian serta panorama indah Taipei dari gedung pencakar langit ini.


Published with Blogger-droid v2.0.4

Comments

Popular posts from this blog

Ayat-Ayat Al-Quran Tentang TAKDIR

***57:22*** 22. Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

***6:59*** 59. Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)"

***3:154*** 154. Kemudian setelah kamu berdukacita, Allah menurunkan kepada kamu keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan dari pada kamu [241], sedang segolongan lagi [242] telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri, mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliyah [243]. Mereka berkata: "Apakah ada bagi kita barang sesuatu (ha…

Penguatan Ekonomi Rakyat melalui Zakat (eBook)

Dalam komunitas global kita mengenal ekonomi kapitalis dan sosialis. Ekonomi kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi barang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya. Sedangkan ekonomi sosialis adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.

Komunitas domestik juga mengenal beberapa istilah ekonomi, seperti ekonomi gotong-royong dan sebagainya. Namun sesungguhnya, sejak jaman Rosulullah, Islam telah mengenalkan sistem ekonomi, yang mana pondasinya telah dibentuk melalui syariat zakat. 

eBook ini tidak menjelaskan sistem ekonomi, namun terbatas pada dasar-dasar syariat zakat yang mempunyai potensi dikembangkan menjadi pilar-pilar ekonomi rakyat. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Download di link berikut, GRATIS

Penguatan Ekonomi Rakyat …