Skip to main content

Manajemen Minimarket - Book Review

Buku ini ditulis oleh Asep ST Sujana, seorang konsultan  bisnis ritel yang sudah berpengalaman bertahun-tahun menggeluti bidang tersebut. Buku setebal 235 tersebut diterbitkan oleh RaihAsaSukses Depok.


Sepertinya buku ini memang ditargetkan untuk para pengusaha yang ingin mencoba bisnis minimarket, atau bagi mereka yang sudah memulai namun dengan pengalaman masih terbatas. Karenanya bahasan buku ini sangat luas dan melingkupi hampir semua hal yang perlu diketahui oleh calon pengusaha minimarket. Buku ini membahas permasalahan yang sangat operasional, namun juga mengungkap kunci dan strategi minimarket. Sebagai konsekuensinya, karena jumlah halaman terbatas, bahasan tiap topik memang tidak terlalu mendalam. Sehingga bagi mereka uang ingin mengetahui lebih dalam terhadap suat permasalahan, contohnya stock opname, harus mencari tambahan referensi yang lebih lengkap.


Bahasa yang digunakan lugas, praktis dan mudah dipahami. Hal ini wajar karena Sujana sudah memiliki pengalaman lapangan yang memadai. Buku juga dilengkapi dengan CD sebagai lampiran.


Pada bagian awal Sujana menjelaskan beberapa teori terkait dengan ritel dan landasan hukum serta berbagai perijinan yang diperlukan. Bagian berikutnya menjelaskan berbagai hal yang harus dipersiapkan untuk mendirikan minimarket, dari mulai menentukan lokasi sampai visual merchandising.


Bab 5 dan 6 menerangkan pengendalian barang dan penanganan operasional minimarket. Bab 7 memaparkan senua hal mengenai pengelolaan keuangan toko, termasuk stok opname dan perlakuannya.


Pada bab 8 Sujana menjelaskan aspek marketing dan membangun loyalitas pelanggan. Mengenai aspek marketing, Sujana mengemukakan bahwa marketing minimarket fokus pada tigal hal, yaitu target market, format ritel dan keunggulan daya saing yang berkelanjutan. Sujana juga menyinggung ritel mix dengan teori 6 P, yaitu Personel, product, promotion, place, price, dan presentation.


Pada bagian akhir Sujana memberikan kunci sukses bisnis minimarket. Kesembilan kunci tersebut adalah lokasi strategis, aspek legal, store outlook, kelengkapan, kecukupan, harga, promosi, daya saing berkelanjutan dan terakhir adalah your store is your theatre.


Published with Blogger-droid v2.0.4

Comments

Popular posts from this blog

Ayat-Ayat Al-Quran Tentang TAKDIR

***57:22*** 22. Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

***6:59*** 59. Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)"

***3:154*** 154. Kemudian setelah kamu berdukacita, Allah menurunkan kepada kamu keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan dari pada kamu [241], sedang segolongan lagi [242] telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri, mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliyah [243]. Mereka berkata: "Apakah ada bagi kita barang sesuatu (ha…

Penguatan Ekonomi Rakyat melalui Zakat (eBook)

Dalam komunitas global kita mengenal ekonomi kapitalis dan sosialis. Ekonomi kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi barang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya. Sedangkan ekonomi sosialis adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.

Komunitas domestik juga mengenal beberapa istilah ekonomi, seperti ekonomi gotong-royong dan sebagainya. Namun sesungguhnya, sejak jaman Rosulullah, Islam telah mengenalkan sistem ekonomi, yang mana pondasinya telah dibentuk melalui syariat zakat. 

eBook ini tidak menjelaskan sistem ekonomi, namun terbatas pada dasar-dasar syariat zakat yang mempunyai potensi dikembangkan menjadi pilar-pilar ekonomi rakyat. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Download di link berikut, GRATIS

Penguatan Ekonomi Rakyat …