Skip to main content

Markplus Conference 2012 - 2

Marketer of the years 2011


Marketer of the year 2011, best of the best adalah Johannes Loman. Nama lain yang muncul adalah Hengky Setiawan dan Mahfud MD.


Ekonomi 2012


Tahun 2012 merupakan momen terbaik bagi Indonesia. The year of 2012, Asia still most beatiful, and Indonesia is the new pretty women. So let's catch the moment.


Brand with character

Kasus: Semen Gresik, Newmont, dealkeren


PT Semen Gresik mempunyai tiga merk yaitu Semen Gresik, Semen Padang dan Semen Tonasa. Masing-masinh merk mempunyai sejarahnya masing-masing, dan memiliki ikatan unik dengan publik dan pemakainya masing-masing. Dengan demikian upaya untuk menggabungkan dua merk tersebut bukan masalah mudah, perlu pengkajian serius.


Newmont sejatinya tidak perlu membangun branding kepada publik Indonesia, karena mereka membuat batubara. Namun beberapa tahun terakhir mereka mendapat sorotan negatif dari seluruh publik Indonesia. Sejatinya mereka telah berbuat banyak untuk Indonesia, namun mereka menyadari berbuat baik saja tidak cukup. Dari sejarah itulah Newmont merasa wajib untuk segera membangun merk, yaitu membangun persepsi positif terhadap perusahaan. Hal ini dilakukan dengan berbagai komunikasi terhadap aktifitas CSR yang telah dilakukan.


Bagi usaha e-commerce seperti dealkeren, merk merupakan nyawa perusahaan. Merk dealkeren dibangun melalui pengembangan value proposition dan promosi yang tepat. Pengembangan partnership dengan mitra strategis juga merupakan kunci terhadap sukses perusahaan.


Marketing 3.0

Kasus: BRI, Kimia Farma, Pegadaian


Marketing terus berevoluasi, mulai marketing 1.0, 2.0 dan terakhir yang dikenalkan Markplus adalah marketing 3.0. Marketing 1.0 fokus pada produk yang akan dijual. Marketing 2.0 fokus pada kebutuhan pelanggan. Marketing 3.0 fokus pada human spirit. Marketing 3.0 perlu mempertimbangkan spiritual, sosial, lingkungan dan seterusnya.


BRI dan Pegadaian merupakan perusahaan pelayanan wong cilik yang sarat aktifitas sosial dan spiritual. Pada kondisi ekonomi apa pun dua perusahaan ini tidak hanya survive namun justru terus berkembang pesat. Posisi kedua perusahaan cukup kuat berkat hubungan spiritual dengan pelanggannya.


Bisnis obat bergantung kepada kepercayaan dan kejujuran. Spirit kemanusiaan selalu melekat pada operasional harian Kimia Farma, dan budaya ini pasti akan berjalan terus.


Published with Blogger-droid v2.0.2

Comments

Popular posts from this blog

Ayat-Ayat Al-Quran Tentang TAKDIR

***57:22*** 22. Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

***6:59*** 59. Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)"

***3:154*** 154. Kemudian setelah kamu berdukacita, Allah menurunkan kepada kamu keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan dari pada kamu [241], sedang segolongan lagi [242] telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri, mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliyah [243]. Mereka berkata: "Apakah ada bagi kita barang sesuatu (ha…

Penguatan Ekonomi Rakyat melalui Zakat (eBook)

Dalam komunitas global kita mengenal ekonomi kapitalis dan sosialis. Ekonomi kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi barang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya. Sedangkan ekonomi sosialis adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.

Komunitas domestik juga mengenal beberapa istilah ekonomi, seperti ekonomi gotong-royong dan sebagainya. Namun sesungguhnya, sejak jaman Rosulullah, Islam telah mengenalkan sistem ekonomi, yang mana pondasinya telah dibentuk melalui syariat zakat. 

eBook ini tidak menjelaskan sistem ekonomi, namun terbatas pada dasar-dasar syariat zakat yang mempunyai potensi dikembangkan menjadi pilar-pilar ekonomi rakyat. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Download di link berikut, GRATIS

Penguatan Ekonomi Rakyat …