Skip to main content

CommunicAsia2011

Saya bersyukur, hari ini dapat kembali mengunjungi ajang CommunicAsia yang keempat kalinya. Bersama teman-teman kami registrasi pukul 09.30 dan keluar meninggalkan venue sekitar 12.30.


Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, CA tahun ini diselenggarakan di Marina Bay Sands, dalam gedung hebat yang ditumpangi bangunan kapal di atasnya. Sebelumnya CA diselenggarakan di area Singapore Expo yang sangat luas di dekat Changi. Karena kali diselenggarakan dalam gedung, kemeriahannya terasa berkurang. Pameran diselenggarakan di 3 lantai, yaitu basement, lantai 1 dan 2.


Selain perubahan venue, tidak ada hal lain yang mengejutkan. Bahkan bagi saya, pameran ini semakin tidak menarik. Pasalnya kemunculan device dan teknologi untuk end user semakin berkurang. Nyaris tidak ada operator telco yang membuat stand. Provider gadget unggulan yang nampak juga sedikit, setahu saya hanya Nokia, Huawei, Haier dan produsen China yang tidak terkenal. Blackberry yang tahun lalu mejeng, tahun ini absen, begitu juga Samsung. LG ikut pasang stand, namun tidak menampilkan gadget, melainkan satelit.


Jumlah negara yang berpartisipasi nampaknya lebih banyak. Indonesia juga ngeblok lokasi yang diisi sekitar 8 perusahaan, seperti Jatis, Bandung Technology dan lainnya. Telkom ikut juga mejeng, tapi hanya menampilkan anak perusahaanya yang main di bisnis Internasional, yaitu Telin.


Secara umum saya menilai penyelenggaraan CA cenderung menurun daya tariknya, khususnya pada 2 event terakhir. Tingginya pengunjung dari Indonesia saya kira hanya karena waktunya yang bersamaan dengan musim liburan. CA masih tetap menarik untuk para enjiner dan technology planner, sedangkan untuk marketing dan konsumer relatif kurang manfaat. Jadi jika anda technology expert atau planner sebaiknya anda agendakan kunjungan tahun depan, namun jika anda di marketing atau sales, mungkin anda bisa pertimbangkan ajang yang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Penguatan Ekonomi Rakyat melalui Zakat (eBook)

Dalam komunitas global kita mengenal ekonomi kapitalis dan sosialis. Ekonomi kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi barang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya. Sedangkan ekonomi sosialis adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.

Komunitas domestik juga mengenal beberapa istilah ekonomi, seperti ekonomi gotong-royong dan sebagainya. Namun sesungguhnya, sejak jaman Rosulullah, Islam telah mengenalkan sistem ekonomi, yang mana pondasinya telah dibentuk melalui syariat zakat. 

eBook ini tidak menjelaskan sistem ekonomi, namun terbatas pada dasar-dasar syariat zakat yang mempunyai potensi dikembangkan menjadi pilar-pilar ekonomi rakyat. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Download di link berikut, GRATIS

Penguatan Ekonomi Rakyat …