Skip to main content

Segmentasi Daya Beli Masyrakat

http://www.bisnis.com/industri/telematika/18975-indonesia-diprediksi-butuh-2-juta-laptop-murah.
Menurut Apkomindo jumlah komputer di Indonesia baru mencapai 9.2 juta atau 4 persen dari populasi.

Angka ini cukup menarik bagi saya, sekaligus meyakinkan saya tentang jumlah keluarga Indonesia yang memiliki daya beli.

Jumlah kartu kredit berkisar 13 juta, jumlah mobil berkisar 12.5 juta, jumlah telepon rumah tidak pernah tembus 9 juta, dan jumlah komputer 9 juta.

Sehingga, saya perkirakan jumlah keluarga mampu, dalam artian mampu membeli kebutuhan tersier, di Indonesia berkisar 10 juta. Jika sekeluarga berjumlah 4-5 orang, berarti jumlah orang yang menikmati kestabilan ekonomi berkisar 40-50 juta. Dari 50 juta tersebut, 10 juta adalah segmen bapak, 10 juta segmen ibu, 25 juta adalah segmen anak dan remaja, dan sisanya 5 juta adalah segmen campuran yang kemungkinan tingkat konsumsinya rendah.

Comments

Popular posts from this blog

Penguatan Ekonomi Rakyat melalui Zakat (eBook)

Dalam komunitas global kita mengenal ekonomi kapitalis dan sosialis. Ekonomi kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi barang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya. Sedangkan ekonomi sosialis adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.

Komunitas domestik juga mengenal beberapa istilah ekonomi, seperti ekonomi gotong-royong dan sebagainya. Namun sesungguhnya, sejak jaman Rosulullah, Islam telah mengenalkan sistem ekonomi, yang mana pondasinya telah dibentuk melalui syariat zakat. 

eBook ini tidak menjelaskan sistem ekonomi, namun terbatas pada dasar-dasar syariat zakat yang mempunyai potensi dikembangkan menjadi pilar-pilar ekonomi rakyat. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Download di link berikut, GRATIS

Penguatan Ekonomi Rakyat …