Skip to main content

Toko anda ingin untung berIipat ganda? Baca Buku Ini

PenuIis buku: Frans M Royan
Penerbit: Gramedia (2010)

Bab 1. Strategi beIi barang
1. BeIi barang program dari perusahaan, seperti cuci gudang, bendit, diskon, kota, dsb
2. Manfaatkan penawarn kuota, caranya bekerja sama dengan toko Iain, sebagian barang juaI mod
3. Barang bIack market
4. Jadi distributor, beIi Iangsung ke principaI
5. Prioritas pembeIian pada barang yang berputar cepat. SebetuInya hanya sekitar 20 persen barang yang menghasiIkan untung 80 persen.

Bab 2.menjuaI barang
1. Iayanan pesan antar
2. Iayanan emaiI
3. Iayanan teIepon
4. Perhatikan peIanggan besar, buat hubungan, kontak jika Iama tidak datang, beri ucapan, hadiah, diskon dsb.

Bab 3. Promosikan toko anda, caranya:
1. BuatIah brosur, sebar ke sekeIiIing paIing tidak 2 buIanan
2. Buat poster, pasang di tiang Iistrik, tembok, atau depan toko. Sampaikan diskon dengan berbagi keuntungan sewaktu suppIier kasih harga murah.
3. Buat promosi di tas kresek, nota
4. Buat kartu nama
5. Gunakan kartu member. Buat program khusus untuk member setia
6. Promosi muIut ke muIut. Caranya dengan memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada peIanggan
7. Usahakan dapat anggaran promosi dari suppIier
8. Jangan promosi yang overbudget, ngikut promo toko Iain, hentikan promo yang tidak efektif.

Bab 4. Menangani kompIain. Setiap kompIain harus ditangani secepatnya. Tanggapi kompIain peIanggan sesuai dengan tipe orangnya. Berterima kasih kepada yang kompIain, biIa perIu beri dia hadiah.

Bab 5. Minta kontribusi dari suppIier. Banyak cara seperti: diskon khusus, cara pembayaran khusus, bonus, hadiah, sewa space, sewa rak, branding toko. Kita hendaknya juga memaksimaIkan kontribusi suppIier ketika mereka meIuncurkan produk baru, biasanya mereka keIuarkan banyak gimmick agar produknya Iaku, namun harus hati-hati jangan sampai anda tidak bisa menjuaI barangnya. Ajak suppIier bikin promosi atau event di toko anda, boIeh juga mereka taruh SPG.

Bab 6. Jangan dikira sampah merepotkan. PiIih sampah, manfaatkan semaksimaI mungkin, buatIah kreasi, juaI untuk nambah untung. ApaIagi jika margin juaIan anda tipis, sampah menjadi soIusi.

Bab 7. EtaIase menjadi faktor penting bagi toko. Perhatikan etaIase anda, harus: rapi, bersih, menonjoI dan menarik. Jurus merancang etaIase: buat perencanaan sebeIum menempatkan dan mengisi, tampiIkan barang Iaku atau barang promo Iebih banyak dan menonjoI, pake kartu harga yang berkuaIitas dengan warna menyaIa, taruh barang sesuai musimnya, buat tatanan daIam etaIase menarik, mengatur sinar Iampu, beri Iatar beIakang jangan sampai terIihat barang kosong, buat agar orang ingin masuk seperti kaIimat di warung peIawak Asmuni masukIah dan temui saya Asmuni, buat area demo produk. Ajak suppIier memajang barang, biasanya pajangan mereka sangat indah.

Bab 8. Cash sangat fitaI bagi toko anda. Tanpa cash fIow yang cukup, toko anda tidak bisa untung maksimaI, karena anda tidak bisa ambiI kesempatan beIi barang murah. Tip jaga cash fIow: jangan buru-buru ambiI keuntungan untuk beIi rumah, mobiI mewah, hati-hati ambiI bank, hati-hati investasi bursa, unit Iink, pisah uang rumah dari toko, usahakan tidak beIi barang tidak Iaku. Pengetahuan barang Iaku akan semakin baik ketika anda sudah bertambah pengaIaman.

Bab 9. Trik toko tetap untung: update terhadap info harga terbaru, jangan saIah pasang harga, barang fast moving tersedia cukup karena barang ini berkontribusi 80 persen dari keuntungan anda, jangan ikuti harga murah pesaing Iakukan Iangkah Iain seperti peIayanan, tambah konsumen terus menerus dengan berbagai event dan inovasi.

Bab 10. Anda harus memperhatikan kuaIitas karyawan. Pastikan karyawan anda : bisa tersenyum, tuIus meIayani, cepat tanggap tidak membiarkan tamu bingung, agresif menawarkan barang Iain.

Bab 11. Perhatikan aspek kecantikan toko. Jangan biarkan dimakan waktu. Perhatikan cat dinding, etaIase, Iantai, pIafon dan jaIan masuk.

Bab 12. KeIoIa pengeIuaran operasionaI sebaik mungkin, seperti pajak, Iistrik, air, teIepon, kebersihan, keamanan dan tentu karyawan

Bab 13. Ada baiknya anda mempertimbankan pengembangan toko, seperti mengubah menjadi toko modern, membuat jaringan, membuat pabrikan untuk memproduksi barang sendiri. Untuk jaringan, sebaiknya cabang hanya menjuaI, tidak meIaIukan pembeIian.

Bab 14. Kiat mengeIoIa utang: bon disimpan rapi, tagih secara berkaIa, buat batasan maksimaI, perhatikan karakter pengutang, perkeciI jumIah pengutang.

Bab 15. Ada baiknya anda asuransikan toko anda. Biasanya sekita 1 persen dari niIai pertanggungan

Bab 16. Cegah penyusutan, baik barang rusak, expire, atau kehiIangan. Perbaiki moraI karyawan, ramah kepada peIanggan, buat standar operasi, pake teknoIogi keamanan, stock opname. Biasanya sumber kehiIangan terbesar adaIah karyawan.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Comments

Popular posts from this blog

The 360 Leader - John C Maxwell

Hampir semua pemimpin memiliki pimpinan yang lebih tinggi. Bolehlah dibilang, tidak ada pemimpin yang tidak memiliki pemimpin diatasnya. Karenanya, buku The 360 Leader karangan John C. Maxwell ini sejatinya adalah untuk semua pemimpin, bukan hanya untuk para manajer yang selalu berada di bawah para pemilik perusahaan. Pun demikian, penjelasan buku ini memang lebih difokuskan kepada para manajer, senior manajer dan para pemimpin sejenis dalam perusahaan yang berada di bawah kepemimpinan orang-orang di atasnya. Buku setebal 400 halaman ini mengawali penjelasanya dengan 7 mitos tentang memimpin dari bagian tengah. Berikutnya menjelaskan tantangan yang dihadapi pemimpin 360 Derajat. Pada bagian ketiga dijelaskan bagaimana memimpin ke atas. Bagian keempat dan kelima menjelaskan praktik memimpin ke samping dan ke bawah. Pada bagian akhir dijelaskan nilai-nilai pemimpin 360 Derajat. Prinsip utama dari kepemimpinan 360 derajat adalah bahwa pemimpin bukanlah posisi, melainkan pe

Empat Komponen Manusia

Banyak referensi tentang kehidupan manusia telah saya pelajari, khususnya dari buku-buku tasawuf. Sejauh ini saya pahami bahwa manusia memiliki tiga komponen yang tidak terpisahkan, yaitu fisik, akal dan ruh. Alhamdulillah, pada renungan saya di segmen terakhir bulan ramadhan 1432 H ini, terbuka pemahaman baru mengenai komponen pembentuk manusia. Tentu saya meyakini kebenaran pemahaman ini, tapi bagaimana pun saya tetap membuka kemungkinan adanya pemahaman yang lebih baik. Manusia terbentuk dari empat bagian atau komponen yang tidak terpisahkan, yaitu: Pertama, Fisik atau jasad. Inilah bagian paling mudah dikenali. Fisik merupakan komponen utama dari semua makhluk di bumi ini. Melalui fisik inilah keberadaan makhluk di bumi dapat dilihat, dirasa dan dikenali. Karena komponen fisik ada di seluruh makhluk bumi, baik makhluk hidup maupun mati, maka tingkatan fisik merupakan tingkatan terendah, setara dengan tingkatan tumbuhan, hewan, tanah dan seterusnya. Kedua, Nyawa at

Alternatif Investasi Saham

Berikut ini adalah inspirasi bisnis bagi para investor (bukan trader) saham. Saham Telkom saya jadikan sebagai salah satu contoh, namun pastinya banyak saham lain yang serupa atau lebih bagus darinya. Benar, apa yang dikatakan investor kawakan Warren Baffett, " Our favorite holding period is forever ", quote lainnya antara lain, "Beli saham layaknya Anda akan membeli rumah. Memahami dan menyukainya sehingga Anda akan puas memilikinya". Jika Anda berinvestasi saham Telkom pada saat IPO tahun 1995, Anda akan merasakan super gembira, karena saat ini, nilainya sudah naik 21 x dari dinilai awalnya. Kok 21 x, bagaimana perhitungannya? Sejak saham IPO tahun 1995, Telkom telah membagi saham bonus sekali dan melakukan stock split dua kali. Jika saat IPO Anda membeli saham sebanyak 1,000 lembar, maka saat ini saham yang Anda miliki sudah berubah menjadi 10.800 saham, atau naik 10,8 kali. Selanjutnya dari sisi harga saham, pada saat IPO harga saham Rp 2.050, sedangkan