Skip to main content

Terapi Berpikir Positif


Penulis: Dr. Ibrahim Elfiky

Buku best seller internasional ini mengajak dan menjelaskan kepada kita bagaimana kita dapat selalu berpikir positif untuk kebaikan kita sendiri. Hanya dengan berpikir positif kita akan diterima lingkungan dengan sikap positif, dan kesuksesan dapat di raih setapak demi setapak, sesuai dengan bentuk kesuksesan yang kita kehendaki.
Buku ini menjelaskan bahwa pikiran memiliki 15 kekuatan dahsyat, yaitu: melahirkan mindset, mempengaruhi intelektualitas, mempengaruhi fisik, mempengaruhi perasaan, mempengaruhi sikap, mempengaruhi hasil, mempengaruhi citra diri, mempengaruhi harga diri, mempengaruhi rasa percaya diri, mempengaruhi kondisi jiwa, mempengaruhi kondisi kesehatan, melampaui batas waktu, tidak mengenal jarak, menambah atau mengurangi energi, melahirkan kebiasaan.
Kita seharusnya menghindari sejauh mungkin berpikir negatif, karena pikiran tersebut berdampak terhadap respon menyerang atau lari, mencela, mengkritik, suka membanding-bandingkan, menguatkan ego rendah, menguatkan pikiran yang selalu negatif.

Tujuh prinsip berpikir positif:

  1. kesengsaraan hanya ada dalam persepsi kita
  2. masalah tidak akan membiarkan anda dalam kondisi yang ada. Ia akan membawa anda pada kondisi yang lebih buruk atau lebih baik
  3. jangan jadi masalah. Pisahkan diri anda dari masalah
  4. belajarlah dari masa lalu, hiduplah pada masa kini dan rencanakanlah masa depan
  5. Setiap masalah ada solusi spiritualnya
  6. mengubah pikiran berarti mengubah kenyataan. Pikiran baru menciptakan kenyataan baru.
  7. Tuhan tidak menutup pintu, kecuali karena telah dibuka pintu yang lebih baik

Jika kita sudah sepakat ingin selalu berpikir positif, bagaimana caranya. Tidak semua orang mudah untuk selalu berpikir positif, terutama mereka yang telah terbiasa berpikir negatif. Bagi mereka apa pun yang dihadapinya selalu dipersepsikan negatif, bahkan ketika menghadapi situasi positif pun selalu merespon dengan negatif. Nah, inilah jurus yang ditawarkan penulis, bagaimana cara atau strategi berpikir positif:

  1. Mengubah masa lalu. Jika anda mengalami situasi sulit, bayangkan pengalaman negatif masa lalu, pikirkan pelajaran yang anda dapatkan, bayangkan anda menghadapi masalah tersebut di masa ini ata mendatang. Berikan respon positif sesuai pelajaran tadi.
  2. Teladan. Jika anda menghadapi kesulitan, pikirkan bagaimana kira-kira reaksi orang yang anda idolakan jika beliau menghadapi masalah serupa. Contoh respon tersebut.
  3. Menjadi orang lain. Jika anda menghadapi masalah dengan seseorang, bayangkan anda saat ini menjadi orang tersebut, dengan demikian anda akan lebih paham kenapa dia bersikap demikian. Akhirnya anda akan lebih tepat mengambil respon yang relevan.
  4. Mengubah konsentrasi. Jika anda menghadapi masalah, jangan konsentrasikan pikiran anda pada masalah tersebut, tapi alihkan konsentrasi anda terhadap apa yang anda inginkan.
  5. Pengurangan dan peningkatan. Jika anda mulai berpikir positif, ulangi terus sehingga semakin kuat. Sebaliknya jika anda mulai berpikir negatif, jangan diteruskan, segera hentikan karena akan menjadi lebih negatif.
  6. Redefinisi atau mengubah persepsi terhadap suatu masalah. Seandainya anda pendiam dan iri pada orang yang berani bicara. Maka pikirkanlah apa hal positif dari sifat diam. Pikirkanlah terus hingga anda tahu behwa diam sesungguhnya adalah hal yang baik dan unggul, dan yakinlah anda akan hal tersebut.
  7. Dibagi-bagi. Jika anda menghadapi masalah, coba lah masalah tersebut di bagi ke dalam masalah-masalah yang lebih kecil. Selesaikan satu per satu masalah tersebut.
  8. Alternatif. Jika anda menghadapi masalah, siapkan lebih dari satu solusi
  9. Otogenik atau kontemplasi atau dzikir. Biasakan anda untuk berkonsentrasi atau kontemplasi atau dzikir, yaitu keluar dari kesibukan harian. Biasakalah tiap hari mengambil waktu untuk berdiam, konsentrasi, merenung, maka anda akan memiliki sikap dan perilaku yang positif.

Pada bagian akhir buku ini penilis menyampaikan beberapa wasiat agar selalu berpikir positif

  1. Jika punya keinginan, buatkan keinginan tersebut menggebu-gebu
  2. Jika membuat keputusan, kuatkanlah, jangan plinplan
  3. Jika sudah diputuskanlah, bertanggung jawablah secara penuh
  4. Anda harus memiliki visi dan tujuan hidup
  5. Waktu yang selalu positif, jangan buang-buang waktu.
  6. Senantiasa mengambangkan diri dengan membaca, pelatihan, dan sebagainya
  7. Biasakanlah berdiam dan merenung
  8. Beristirahat dan rileklah, jangan forsir tenaga, waktu dan pikiran anda melampaui batas.

Semoga manfaat.

Comments

Popular posts from this blog

The 360 Leader - John C Maxwell

Hampir semua pemimpin memiliki pimpinan yang lebih tinggi. Bolehlah dibilang, tidak ada pemimpin yang tidak memiliki pemimpin diatasnya. Karenanya, buku The 360 Leader karangan John C. Maxwell ini sejatinya adalah untuk semua pemimpin, bukan hanya untuk para manajer yang selalu berada di bawah para pemilik perusahaan. Pun demikian, penjelasan buku ini memang lebih difokuskan kepada para manajer, senior manajer dan para pemimpin sejenis dalam perusahaan yang berada di bawah kepemimpinan orang-orang di atasnya. Buku setebal 400 halaman ini mengawali penjelasanya dengan 7 mitos tentang memimpin dari bagian tengah. Berikutnya menjelaskan tantangan yang dihadapi pemimpin 360 Derajat. Pada bagian ketiga dijelaskan bagaimana memimpin ke atas. Bagian keempat dan kelima menjelaskan praktik memimpin ke samping dan ke bawah. Pada bagian akhir dijelaskan nilai-nilai pemimpin 360 Derajat. Prinsip utama dari kepemimpinan 360 derajat adalah bahwa pemimpin bukanlah posisi, melainkan pe

Alternatif Investasi Saham

Berikut ini adalah inspirasi bisnis bagi para investor (bukan trader) saham. Saham Telkom saya jadikan sebagai salah satu contoh, namun pastinya banyak saham lain yang serupa atau lebih bagus darinya. Benar, apa yang dikatakan investor kawakan Warren Baffett, " Our favorite holding period is forever ", quote lainnya antara lain, "Beli saham layaknya Anda akan membeli rumah. Memahami dan menyukainya sehingga Anda akan puas memilikinya". Jika Anda berinvestasi saham Telkom pada saat IPO tahun 1995, Anda akan merasakan super gembira, karena saat ini, nilainya sudah naik 21 x dari dinilai awalnya. Kok 21 x, bagaimana perhitungannya? Sejak saham IPO tahun 1995, Telkom telah membagi saham bonus sekali dan melakukan stock split dua kali. Jika saat IPO Anda membeli saham sebanyak 1,000 lembar, maka saat ini saham yang Anda miliki sudah berubah menjadi 10.800 saham, atau naik 10,8 kali. Selanjutnya dari sisi harga saham, pada saat IPO harga saham Rp 2.050, sedangkan

Empat Komponen Manusia

Banyak referensi tentang kehidupan manusia telah saya pelajari, khususnya dari buku-buku tasawuf. Sejauh ini saya pahami bahwa manusia memiliki tiga komponen yang tidak terpisahkan, yaitu fisik, akal dan ruh. Alhamdulillah, pada renungan saya di segmen terakhir bulan ramadhan 1432 H ini, terbuka pemahaman baru mengenai komponen pembentuk manusia. Tentu saya meyakini kebenaran pemahaman ini, tapi bagaimana pun saya tetap membuka kemungkinan adanya pemahaman yang lebih baik. Manusia terbentuk dari empat bagian atau komponen yang tidak terpisahkan, yaitu: Pertama, Fisik atau jasad. Inilah bagian paling mudah dikenali. Fisik merupakan komponen utama dari semua makhluk di bumi ini. Melalui fisik inilah keberadaan makhluk di bumi dapat dilihat, dirasa dan dikenali. Karena komponen fisik ada di seluruh makhluk bumi, baik makhluk hidup maupun mati, maka tingkatan fisik merupakan tingkatan terendah, setara dengan tingkatan tumbuhan, hewan, tanah dan seterusnya. Kedua, Nyawa at